Babinsa Koramil 16/Petanahan Gerakan pengendalian Hama Wereng Coklat

Babinsa Koramil 16/Petanahan Gerakan pengendalian Hama Wereng Coklat

Babinsa Koramil 16/Petanahan Gerakan pengendalian Hama Wereng Coklat

KODIM 0709/KEBUMEN, Babinsa Koramil 16/Petanahan bersama sejumlah PPL dan UPT Distapang wilayah Kec. Petanahan melaksanakan penyemprotan hama wereng coklat yang menyerang bawah batang padi yang mengakibatkan batang pohon padi mongering. Kegiatan ini secara serentak dilakukan Babinsa dan PPL serta Distapang wilayah petanahan di lahan persawahan Dukuh Bedogol RT 02 RW 04 Desa Banjarwinangun Kecamatan Patanahan Kab. Kebumen, Kamis (28/02/19).

Kegiatan Gerakan pengendalian Hama (Gerdal) oleh Babinsa dan Dinas Pertanian Kec Petanahan dengan dilakukan penyemprotan hama wereng coklat yang menyeran bawah batang padi yang mengakibatkan batang pohon padi mengering. Kegiatan Gerdal ini juga melibatkan dua Babinsa masing masing desa yang dimulai sejak pukul 08.00 WIB sampai dengan selesai.

Hal ini dilakuan serupa di Desa Sruweng Kec. Sruweng dimana sebagian lahan tanaman padi terserang hama wereng coklat. Upaya terus dilakukan para Babinsa dan petani serta PPL dan UPT Pertanian masing-masing wilayah guna mencegah meluasnya hama wereng coklat tersebut.

Kordinator PPL Kec Sruweng Ibu Latifah Setiyasih S.p mengatakan, “kegiatan ini sebagai langkah preventif dan upaya penyelamatan tanaman padi dari hama wereng coklat yang tengah kami tangani, dengan tujuan agar tidak menular  pada tanaman lain, “ katanya.

Hal serupa juga diutarakan perwakilan kelompok tani Makmur Desa Trikarso dan kelompok tani Rukun Tani Desa Banjarwinangun. “kami telah melakukan upaya ini dengan memisahkan tanaman yang terdampak dengan tanaman yang masih sehat. Semua pihak sepakat mulai Babinsa, Poktan dan PPL serta pihak UPT Distapang wilayah Sruweng dan Petanahan akan terus memerangi hama ini hingga tuntas. Namun demikian upaya tersebut kita serahkan  kepada Allah SWT karena Allah lah  yang maha segalanya dalam menyelamatkan tanaman kita ini, “ ujar Dalmin. (Pendim).

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *