Danramil 01/Kebumen Berikan Wawasan Kebangsaan Masyarakat TMMD

Danramil 01/Kebumen Berikan Wawasan Kebangsaan Masyarakat TMMD

Danramil 01/Kebumen Berikan Wawasan Kebangsaan Masyarakat TMMD

KODIM 0709/KEBUMEN, Danramil 01/Kebumen Kapten Inf Anifudin yang didampingi Ka Sandi Lettu Inf Yunanto memberikan pembekalan tentang pentingnya wawasan kebangsaan kepada sejumlah masyarakat Desa Karangsari dalam rangka kegiatan non fisik TMMD sengkuyung tahap I tahun anggaran 2019. Senin (04/03/19).

Kegiatan yang dibuka secara resmi oleh Kades Karangsari Endarto. Mendapat respon warga. Hal ini terbukti jumlah kehadiran masyarakat dari mulai RW, RT, PKK, Karangtaruna, tokoh masyarakat dan tokoh agama setempat ikut berpartisipasi dan ambil bagian menghidupkan kegiatan non fisik ini.

Dalam penyampaiannya Kapten Inf Anifudin  mengatakan “Pembukaan UUD 1945 alinea ke-2 mengamanatkan bahwa Bangsa Indonesia sebagai bangsa yang merdeka, bersatu dan berdaulat, adil dan makmur, serta alinea ke-4 menyatakan bahwa tujuan Bangsa Indonesia membentuk suatu pemerintahan negara adalah untuk melindungi segenap Bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa dan ikut serta melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial, dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila. Untuk menjamin tetap tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia dan kelangsungan hidup bangsa dan negara, maka sumber daya manusia menjadi faktor dominan untuk dibina dan dikembangkan sebagai potensi bangsa yang mampu mengatasi segala bentuk ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan yang berasal dari dalam maupun luar negeri.

Untuk mengatasi segala bentuk ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan, salah satu upaya pembinaan potensi sumber daya manusia yang dapat dilakukan antara lain melalui Pembinaan Wawasan Kebangsaan, karena wawasan kebangsaan merupakan konsep politik Bangsa Indonesia yang memandang Indonesia sebagai satu kesatuan wilayah. Wawasan Kebangsaan mengamanatkan kepeda seluruh bangsa agar menempatkan persatuan, kesatuan serta kepentingan dan keselamatan bangsa di atas kepentingan individu atau golongan, mengembangkan persatuan dan kesatuan Indonesia sedemikian rupa yang berazas ke-Bhinneka Tunggal Ika-an sehingga terwujud NKRI yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur. Dalam kaitan itu TNI AD secara berkelanjutan membantu pemerintah salah satunya dengan melaksanakan program kegiatan Pembinaan Wawasan Kebangsaan yang tersebar di seluruh Kotama jajaran TNI AD bagi seluruh lapisan masyarakat termasuk masyarakat Desa Karangsari ini.

Lanjut ia, kegatan ini dapat berdayaguna dan berhasil guna dalam penyelenggaraan pembinaan serta menjamin terlaksananya kegiatan wawasan kebangsaan di wilayah oleh Satkowil jajaran Kodim 0709/Kbm, maka digelarlah kegiatan pembinaan wawasan kebangsaan agar menjadikan pedoman dalam pelaksanaan kegiatan kehidupan berbangsa dan bernegara.” paparnya.

Kodim 0709/Kebumen

Website kodim0709.com merupakan situs resmi Kodim 0709/Kebumen, wadah komunikasi TNI di jajaran Kodim 0709/Kebumen dengan masyarakat Kebumen khususnya, sebagai wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat. "Dalam keadaan bagaimanapun, kami selalu ada untuk rakyat..!"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *