Kurangi Angka Kecelakaan, Subdenpom IV/2-2 Cek Kendaraan Kodim Kebumen

Kurangi Angka Kecelakaan, Subdenpom IV/2-2 Cek Kendaraan Kodim Kebumen

Kurangi Angka Kecelakaan, Subdenpom IV/2-2 Cek Kendaraan Kodim Kebumen

KODIM 0709/KEBUMEN,  Bertempat di Halaman Makodim 0709/Kebumen sejumlah kendaraan roda dua baik pribadi maupun kendaraan dinas serta para personel Kodim 0709/Kebumen menjadi target pemeriksaan petugas Subdenpom IV/2-2 Purworejo, Rabu (13/03/2019).

Pemeriksaan yang digelar tersebut merupakan salah satu bentuk pelaksanaan program kerja Subdenpom IV/2-2 Purworejo yang dilaksanakan secara menyeluruh di sejumlah satuan dan wilayah yang diberi nama Operasi Penegakan Ketertiban Polisi Militer Waspada Wira Keris Tahun 2019. Pemeriksaan ini dilaksanakan dengan sasaran kelengkapan surat- surat kendaraan bermotor baik roda dua maupun roda empat dan kelengkapan kendaraan itu sendiri mulai dari fungsi rem, lampu-lampu, spion hingga helm standar. Disamping memeriksa kelengkan kendaraan Subdenpom juga memeriksa kelengkapan personel termasuk penggunaan Gamad.

Pasi Intel Kodim 0709/Kebumen Kapten Inf Budi Riyanto yang turut mengikuti kegiatan tersebut mengatakan, “pemeriksaan kelengkapan administrasi kendaraan, kondisi dan kelengkapan kendaraan tersebut sangat penting karena dengan pemeriksaan tersebut bisa diketahui kendaraan tersebut masih layak pakai atau tidak, sehat atau tidak.

Menurut Pasi Intel, kelengkapan surat kelengkapan pribadi dan kendaraan sangatlah penting demi menjaga keselamatan pengendara. Sekaligus menekan angka pelanggaran berlalu lintas, apabila berkendaraan sudah dilengkapi dengan surat-surat dan surat kelengkapan pribadi maka tentu si pengendara dengan rasa tenang dan nyaman dalam perjalanan.  Pengecekan kali ini sebenarnya lebih ditujukan pada keamanan dan keselamatan dalam berkendaraan. Pemeriksanan ini juga merupakan salah satu cara untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas yang melibatkan personel militer dan PNS.

“Kalau kita lengkap, kendaraan juga lengkap, pasti kita lebih tenang dalam berkendaraan” ujar Pasi Intel.

Sementara itu, Ketua tim pemeriksa dari Subdenpom IV/2-2 Purworejo Kapten Cpm Bambang menjelaskan kegiatan pemeriksaan ini merupakan kegiatan yang bersifat pencegahan, kedepannya semua personel militer dan PNS yang akan menggunakan kendaraan bermotor sudah melengkapi diri dengan surat-surat berkendaraan. Selanjutnya diwaktu yang akan datang akan dilaksanakan operasi Gaktib di luar satuan, baik di jalan raya ataupun tempat-tempat umum lainnya.

Dijelaskan Kapten Cpm Bambang, hasil operasi Gaktib/temuan pada program operasi kali ini yakni ada ditemukan sepeda motor dinas jenis Thunder Nopol 25033 STNKnya sudah mati dan SIM C umum mati yakni atas nama Serda Suratno anggota Koramil 19/Kuwarasan. Namun kami berikan kesempatan kepada anggota tersebut untuk segera mengurus surat berkendara dan segera melengkapinya.  (Pen)

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *