Tim Sergap Mabesad Kunjungi Kodim 0709/Kebumen

Tim Sergap Mabesad Kunjungi Kodim 0709/Kebumen

Tim Sergap Mabesad Kunjungi Kodim 0709/Kebumen

KODIM 0709/KEBUMEN. Dandim 0709/Kebumen Letkol Inf Zamril Philiang menerima kunjungan kerja Tim Serapan Gabah dan Beras Petani (Sergap) dari Mabesad. Rombongan Tim Sergap yang langsung dipimpin Kolonel Czi. Mateus Jangkung Widyanto. Kolonel Arm Budi Suroso dan Kolonel Inf Enah Solehudin, S.E. Senin (11/03/19).

Tim yang tiba pukul 12.35 langsung melaksanakan silaturahim ke Kediaman Ibunda Waaster Kasad Brigjen TNI Gatout Setyo Utomo bersama Dandim 0709/Kebumen Letkol Inf. Zamril Philiang.

Pukul 13.05 Wib menuju Pendopo Rumah Dinas Bupati Kebumen Jl. Mayjen Sutoyo No.1 Kebumen. Team Sergap melaksanakan tatap muka dengan Dandim 0709/Kebumen Letkol Inf Zamril Philiang yang didampingi Bupati Kebumen, KH. Yazid Mahfudz, Kadistapang Kebumen, para Petugas PPL, Kepala Gudang Bulog, para Gapoktan, mitra Bulog dan seluruh perwira staf Kodim 0709/Kbm.

Hadir dalam acara kali ini selain Dandim 0709/Kebumen Letkol Inf. Zamril Philiang, Kapolres Kebumen AKBP. Roberto Pardede, S.I.K.,M.I.K, Asisten Pemerintahan dan Kesra Drs. H. Heri Setyanto, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kebumen Ir. Tri Haryono, Kasubdidvre Kedu/Kab.Kebumen, Purworejo, Magelang, Temanggung, dan Kab. Wonosobo) Nanik Yulianti, Para Perwira Staf Kodim 0709/Kbm, Seluruh Danrami jajaran Kodim 0709/Kbm, Kepala gudang Bulog Kab.Kebumen Edy Santoso, Perwakilan Gapoktan se Kab.Kebumen dan para petugas PPL pertanian wilayah Kab. Kebumen.

Dalam sambutannya Asisten Pemerintahan dan Kesra Drs. H. Heri Setyanto, mengucapkan terimakasih kepada seluruh jajaran TNI khususnya TNI AD yang telah menyumbangkan tenaga dan pikirannya dalam mensukseskan segala agenda dan program pemerintah baik di bidang pertanian, pertahanan, dan bidang-bidang lainnya yang saat ini sangat membutuhkan TNI, terlebih lagi saat ini menjelang Pemilu 2019 membutuhkan sosok TNI yang senantiasa berpegang teguh pada netralitasnya.

TNI saat ini menjadi sumber inspiratif seluruh masyarakat Indonesia, sehingga TNI menjadi edukasi dan figur bagi masyarakat. Pemerintah, TNI, POLRI dan masyarakat merupakan mitra dalam menjalankan roda kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara. Begitu besar wujud kinerja TNI dalam sinergitasnya dengan pemerintah dan masyarakat salah satunya adalah TMMD, pendampingan pertanian, serta masih banyak kegiatan-kegiatan yang hasilnya dapat langsung dirasakan masyarakat luas.

Hal senada diutarakan Dandim 0709/Kebumen Letkol Inf Zamril Philiang mengatakan, “ Lahan pertanian di Kab. Kebumen terdiri dari kering tegal/kebun seluas 27.629,00 hektar, ladang/huma seluas 745,00 hektar, perkebunan seluas 1.159,00 hektar, hutan rakyat seluas 3.011,00 hektar, tambak seluas 24,00 hektar, kolam seluas 53,50 hektar, padang penggembalaan seluas 33,00 hektar, dari luas tanah di wilayah Kab. Kebumen tersebut bila dikelola dengan tepat pasti stock pangan di wilayah Kab.Kebumen ini tidak perlu mengimpor dan dimakan pun berlebih walaupun Kab. Kebumen dikatakan Kabupaten termiskin ketiga di Jawa Tengah.

Lanjut Dandim, dengan adanya kehadiran tim Sergap diharapkan para Gapoktan dapat berkomunikasi dan berdiskusi bertukar fikiran mencari solusi khususnya dalam bidang pertanian. Kodim, Polres dan Pemkab Kebumen semaxsimal mungkin membantu memikirkan solusi terbaik yang menjadi problem masyarakat, sebagai contoh belum lama ini Forkopimda Kebumen saling bekerjasama memperbaiki tanggul jebol di wilayah Kecamatan Adimulyo. Air yang menggenangi lahan pertanian seluas 820 H, dengan harapan teratsi sehingga masyarakat dapat memanen padi teapt waktu dan menghindari kerugian.” Katanya.

Lain lagi yang disampaikan Katim Sergap Mabesad Kolonel Czi Mateus Jangkung Widyanto bahwa, “Kegiatan tim Sergap dimulai bulan Januari 2019, maraton keseluruh wilayah Kodam IV/Diponegoro termasuk wilayah Kodim 0709/Kebumen. Tujuan adanya tim Sergap ini adalah untuk mengoptimalisasikan penyerapan gabah dan beras petani. Merealisasikan target yang telah ditugaskan guna memenuhi target stock pangan di wilayah Kab. Kebumen Khususnya, agar terjaga stock pangan secara nasional yang pada akhirnya dapat memenuhi target pemerintah untuk swasembada pangan nasional.

Kegiatan dilanjutkan diskusi tanya jawab antara tim Sergap dengan para Gapoktan, PPL Pertanian, dan Danramil se Kab. Kebumen, dengan hasil kesimpulan yakni akan membuat jadwal pengecekan berdasarkan keluh kesah (problem pertanian) masyarakat dan selanjutnya bekerjasama dengan pihak terkait untuk menentukan solusi terkait permasalahan di wilayah Kab.Kebumen.

Pukul 15.45 hingga 16.30 Wib tim Sergap melaksanakan panen raya secara simbolis bertempat di sawah milik Bapak Dul Jafar Desa Tanjung Meru RT 02/ RW 02 Kec. Kutowinangun Kab. Kebumen dengan luas lahan 50 ubin (741,25/segi) dengan jenis padi Miekongga, dilanjutkan Dialog dan bertempat di Balai Desa Tanjung Meru dilanjutkan ramah tamah dengan perangkat desa serta Gapoktan.

Tim Sergap juga berkesempatan mengunjungi tempat penggilingan padi milik Bapak Munsyarif Gapoktan Enggal Maju Desa Tanjungsari Kec. Kutawinangun melaksanakan peninjuan cara pengilingan gabah dan hasil penggilingan. (Pendim).

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *