Hadiri Pelantikan BPD, Babinsa Dukung Program Desa

Hadiri Pelantikan BPD, Babinsa Dukung Program Desa

Hadiri Pelantikan BPD, Babinsa Dukung Program Desa

KODIM 0709/KEBUMEN, Badan Permusyawaratan Desa  (BPD) merupakan lembaga perwujudan demokrasi dalam penyelenggaraan desa BPD dapat dianggap sebagai “parlemen”-nya desa. BPD merupakan lembaga baru di desa pada era otonomi daerah di Indonesia.

Babinsa Pohkumbang anggota Koramil 04/Karanganyar Serda Heru Suyana menghadiri kegiatan penetapan BPD dan APBDes tersebut di Desa Pohkumbang bertempat di Aula Desa Pohkumbang Kec. Karanganyar, Sabtu (20/04/2019).

Hadir Dalam Kegiatan tersebut Camat Karanganyar (Drs, Agus Susanto, M.Si), Kasi PM Kec. Karanganyar, Babinsa Koramil 04/Karanganyar (Serda Heru Suyana), Kades Pohkumbang, Tokoh Masyarakat Desa Pohkumbang.

Dalam kesempatan tersebut Camat Karanganyar Drs. Agus Susanto, M. Si menyampaikan bahwa fungsi BPD adalah membahas dan menyepakati Rancangan Peraturan Desa bersama Kepala Desa, menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat dan mengawasi kinerja Kepala Desa. BPD juga memiliki kekuatan untuk menyampaikan aspirasi warga. Penyampaian aspirasi dilakukan melalui beberapa tahap kerja, yakni BPD harus melakukan penggalian aspirasi masyarakat, menampung aspirasi masyarakat yang disampaiakn kepada BPD dan mengelola aspirasi masyarakat sebagai sumber energi positif dalam merumuskan langkah kebijakan desa. Harapannya kepada anggota BPD yang baru dapat menjalankan amanah dengan baik sebagai perpanjangan dari warga, “ ungkapnya.

Dalam kesempatan baik tersebut, Babinsa Pohkumbang Serda Heru Suyana mengucapkan selamat atas pelantikan anggota BPD Desa Pohkumbang. dengan dilaksanakannya pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan anggota BPD ini diharapkan BPD adalah mitra pada Pemerintahan Desa yang selalu mendukung program pembangunan Desa yang intinya BPD adalah suatu kelembagaan yang berstruktur di luar perangkat Desa yang membantu dalam program pembangunan Desa.

Pada kesempatan itu Babinsa Serda Heru Suyana juga mengatakan, “ Kepala Desa dan perangkat termasuk anggota BPD adalah mitra Babinsa. Babinsa punya program pemberdayaan wilayah dalam rangka mewujudkan RAK juang yang tangguh untuk membantu kesulitan rakyat. Jadi peran Babinsa pada dasarnya siap membantu apa saja yang menjadi program desa, mulai dari bidang fisik maupun bidang non fisik. Hal ini kami sampaikan agar pekerjaan desa bisa kita selesaikan bersama, sehingga tujuan pembangunan desa dapat segera terwujud, sekaligus kita nantinya akan mewadahi seluruh asprirasi masyarakat dengan berpedoman pada program dan anggaran desa yang ada. Oleh sebab itu Babinsa siap membantu untuk kemajuan desa, untuk itu sebagai mitra maka wajib kiranya jika ada kegiatan atau program desa Babinsa harus tahu, dan kami siap bersama warga Pohkumbang membantu kemakmuran desa. katanya (Pen).

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *