Babinsa Koramil 01/Kebumen Bantu Percepatan Tanam Petani

Babinsa Koramil 01/Kebumen Bantu Percepatan Tanam Petani

KODIM 0709/KEBUMEN, Babinsa Koamil 01/Kebumen Serda Maryoto  melaksanakan  kegiatan pendampingan pertanian sebagai upaya khusus (Upsus) dalam rangka percepatan tanam pada MT dua ini di Desa Kutosari Kec. Kebumen yang dilanjutkan pengecekan saluran irigasi. Minggu (26/5/19).

Pendampingan yang dilakukan Babinsa Serda Maryoto bukan hanya sekali ini saya, ia melakukan upaya khusus ini sejak awal dicanangkan pemerintah di tahun 2015 melalui MoU antara kementerian pertanian dan panglima TNI saat itu. Maryoto dalam pendampingannya mengikuti tahapan para petani mulai pengolahan sawah, penyemaian, penanaman, penyiangan hingga panen.

Para petani mengaku senang dengan pendampingan Babinsa kali ini, menurut salah seorang warga tani, Yusni (55) mengaku dirinya terbantu oleh kehadiran Babinsa di sawah. “Dengan pak Babinsa biaya pertanian kami hemat 10 persen dan kami merasa senang ada pendampingan seperti ini, ini akan menghasilkan panen yang cukup baik. Pada masa tanam kemaren dari luas 50 ubin saja mampu menghasilkan gabah seberat 8 kuintal. Untuk itu saya mengucapkan terimakasih pada Babinsa yang sudi turun kesawah meringankan beban kami.” Ucap Yusni.

Usai tanam rencananya Babinsa Maryoto akan melakukan pengecekan saluran irigasi dan memastikan tidak ada kendala bagi pengairan sawah para petani binaannya. “Saya pastikan semua saluran irigasi aman dan lancar agar kesejahteraan petani merasa ada perhatian khusus dari pendampingan ini.” ujar Maryoto (PEN 0709).

 

 

 

 

 

 

 

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *