Babinsa Manunggal Program Penanggulangan Kemiskinan

Babinsa Manunggal Program Penanggulangan Kemiskinan

KODIM 0709/KEBUMEN, Babinsa Desa Giripurno Kopka Supriyono melaksanakan pendampingan Penyaluran Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) kepada masyarakat Desa Giripurno bertempat di Warung Saimah Desa Giripurno Kec. Karangnayar, Kamis, (16/05/2019).

BPNT merupakan program Pemerintah yang diberikan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yaitu keluarga dengan kondisi sosial ekonomi 25% terendah di daerah pelaksanaannya. Bantuan ini diberikan pemerintah dalam bentuk berupa Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) yang salah satunya dapat digunakan  di e-warong terdekat.

Saat kegiatan penyaluran BPNT Kopka Supriyono mengatakan “Bantuan sosial non tunai diberikan kepada masyarakat dalam rangka program penanggulangan kemiskinan. Program ini diharapkan dapat mempermudah masyarakat untuk menjangkau layanan keuangan formal di perbankan, sehingga mempercepat program keuangan inklusif, “ Kata Supriyono.

“Penyaluran bantuan sosial secara non tunai kepada masyarakat dinilai lebih efisien, tepat sasaran, tepat jumlah, tepat waktu, tepat kualitas, serta tepat administrasi. Kartu elektronik yang dimaksud dapat digunakan untuk memperoleh beras, telur, dan bahan pokok lainnya di pasar, warung, toko sesuai harga yang berlaku sehingga rakyat juga memperoleh nutrisi yang lebih seimbang, tidak hanya karbohidrat, tetapi juga protein, seperti telur. Selain itu, penyaluran bantuan sosial non tunai juga dapat membiasakan masyarakat untuk menabung karena pencairan dana bantuan dapat mereka atur sendiri sesuai kebutuhan,”.

Besaran BPNT adalah Rp 110.000/PKM/bulan melalui layanan transaksi secara elektronik melalui sistem perbankan. Dengan melalui sistem perbankan, penyaluran BPNT diharapkan juga dapat mendorong perilaku produktif masyarakat,” imbuh Supriyono. (Pen)

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *