Danrem 072/Pamungkas Buka Latihan Posko I Kodim Kebumen

Danrem 072/Pamungkas Buka Latihan Posko I Kodim Kebumen

Danrem 072/Pamungkas Buka Latihan Posko I Kodim Kebumen

KODIM 0709/KEBUMEN, Danrem 072/Pamungkas Brigjen TNI Muhammad Zamroni membuka latihan Posko I jajaran Korem 072/Pmk yang nantinya akan diikuti oleh Lima Kodim dari 10 Kodim jajaran Korem 072/Pmk yakni Kodim 0709/Kebumen, Kodim 0707/Wonosobo, Kodim 0705/Magelang, Kodim 0729/Bantul dan Kodim 0734/Yogyakarta. Sementara itu untuk Kodim 0709/Kbm pelaksanaan latihan Posko I selama 3 hari dimulai sejak tanggal 7 hingga 9 Mei 2019 dengan tema latihan penanganan bencana tanah longsor dan banjir yang melandasan sejumlah wilayah Kab. Kebumen. Selasa (7/5/19).

Dalam sambutannya Danrem 072/Pmk Brigjen TNI M. Zamroni mengatakan, “Latihan Posko I Kodim dijajaran Korem 072/Pmk TA. 2019 ini sangatlah  penting, karena Geladi Posko I merupakan salah satu metode Geladi taktis untuk melatihkan bagaimana unsur pimpinan dan staf dalam melaksanakan prosedur hubungan kerja, sehingga terjalin kerja sama secara sistimatis dalam menuangkan mekanisme kerja, sesuai dengan bagian masing-masing, dapat berjalan dengan baik dan benar.

Korem 072/Pamungkas sebagai  bagian dari  Kodam  IV/Diponegoro  dituntut   agar mampu membentuk prajurit yang profesional, efektif, efisien dan modern yang mengandung arti bahwa prajurit  disemua tingkatan diharapkan mampu  secara proaktif merealisasikan tugas   pokoknya secara tepat di lapangan sesuai dengan tugas serta fungsi masing-masing. Salah  satu  cara  untuk  meningkatkan  kualitas personel tersebut diantaranya  dengan melatih prosedur hubungan Komandan dan Staf dalam menghadapi dinamika operasi yang sedang dihadapi melalui mekanisme latihan yang diasumsikan seperti kondisi riil dilapangan.

Pada pelaksanaan Latihan Posko I Kodim jajaran Korem 072/Pmk kali ini dikembangkan suatu permasalahan yang mengarah dalam pelaksanaan tugas dalam melaksanakan Operasi Militer Selain Perang yaitu membantu tugas pemerintah di daerah dalam menanggulangi akibat bencana alam, pengungsian dan pemberian bantuan kemanusiaan (Civic missions).        

Dengan demikian perlu kesiapsiagaan dari   aparat  Satkowil, khususnya Dandim dan Pa Staf Kodim agar senantiasa profesional, tanggap, dan handal dalam membantu menanggulangi akibat bencana alam, pengungsian dan pemberian bantuan kemanusiaan yang terjadi di wilayahnya. 

Saya berharap, para pelaku  hendaknya benar-benar mengikuti seluruh rangkaian kegiatan ini dengan sungguh-sungguh, sehingga sasaran latihan benar-benar dapat tercapai sesuai direktif yang telah ditentukan dari pimpinan Angkatan Darat.” paparnya.

Pembukaan latihan Posko I juga dihadiri oleh para Kasi Korem, para Dandim jajaran Korem 072/Pmk, Kadisjan Korem 072/Pmk, dan unsur Forkopimda Kebumen. (Pen).

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *