Mekanisasi Pertanian, Babinsa Candi Dampingi Petani Olah Lahan Sawah

Mekanisasi Pertanian, Babinsa Candi Dampingi Petani Olah Lahan Sawah

KODIM 0709/KEBUMEN, Pengolahan lahan sawah bertujuan untuk mengubah sifat fisik tanah agar lapisan yang semula keras menjadi datar dan melumpur. Dengan begitu gulma akan mati dan membusuk menjadi humus, aerasi tanah menjadi lebih baik, lapisan bawah tanah menjadi jenuh air sehingga dapat menghemat air. Traktor merupakan salah satu Alsintan yang masih dipercayai membantu Petani dalam mekanisasi pertanian yaitu pengolahan lahan persawahan.

Pada MT II di wilayah binaanya Serda Sumardi Babinsa Desa Candi Kec. Karanganyar membantu Petani dalam pengopersionalan Alsintan Hand Traktor Roda 2 dalam pengolahan lahan sawah milik Bpk. Sudirjo anggota Poktan Danasari Desa Candi Karanganyar, Minggu (12/05/2019)

Serda Sumardi pada saat kegiatan pendampingan Upsus mengatakan “Pengolahan tanah sawah dalam usaha budidaya padi bertujuan untuk menciptakan keadaan tanah olah yang siap tanam baik secara fisis, kimia, maupun biologis sehingga tanaman yang dibudidayakan akan tumbuh dengan baik. Agar memberikan hasil maksimal, lahan sawah harus diolah secara baik. Dengan begitu harapannya kedepan Petani akan memperolah panen yang maksimal dan memenuhi standar swasembada pangan,” tutur Serda Sumardi.

“Pada dasarnya pengolahan lahan yang baik sebelum padi ditanam adalah salah satu kunci utama dari keberhasilan panen. Pengolahan lahan untuk tanaman padi sangat penting untuk diperhatikan. Karena lahan sawah merupakan tempat mengambil cadangan hara yang dibutuhkan oleh tanaman padi. Oleh karena itu, pertumbuhan tanaman padi diantaranya akan dipengaruhi sejauh mana proses pengolahan yang dilakukan sebelum ditanami,” pungkasnya.

Bpk. Sudirjo mengucapkan “Terima kasih kepada Babinsa Serda Sumardi yang telah membantu petani dalam pendampingan pertanian bersama PPL yang terjun langsung dalam membantu dan mengatasi kesulitan petani dalam pertanian,” ucapanya. (Pen).

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *