Babinsa Koramil 19/ Kuwarasan Bantu Kesulitan Masyarakat

Babinsa Koramil 19/ Kuwarasan Bantu Kesulitan Masyarakat

KODIM 0709/KEBUMEN, Babinsa Desa Kamulyan Koramil 19/Kuwarasan Serda Suratno melaksanakan kegiatan pendampingan pertanian dalam rangka mencukupi kebutuhan pasokan air dengan cara menyedot air sungai dengan menggunakan pompa untuk mengatasi kekurangan pengairan sawah yang sebagian lahan mulai membutuhkan pasokan air. Kegiatan ini dilakukan Babinsa bersama kelompok tani “Manunggal Tani” di Desa Kamulyan Kecamatan Kuwarasan Kabupaten Kebumen, Sabtu (15/06/2019)

Tujuan dilakukannya pompanisasi air ke area perwasawah dikarenakan sebagian lahan sawah sudah mulai mengalami keterbatasan air. Kegiatan ini dilakukan Babinsa guna mengantisipasi terjadinya kekeringan di lahan persawahan, akibat cuaca panas yang terjadi di wilayah Kab. Kebumen umumnya dan khususnya wilayah Kecamatan Kuwarasan.

“ Ini adalah mesin pompa air milik desa yang bisa kita manfaatkan untuk kepentingan para petani menyedot air sungai untuk mengairi lahan sawah yang mulai membutuhkan air. Dimana saat ini bahwa para petani mulai kesulitan mendapatkan air untuk lahan mereka. Jika hal ini terus dibiarkan maka dampaknya akan gagal panen, tanaman menjadi layu, rusak dan petani akan sedih melihat hasilnya.

Untuk itulah saya bersama PPL dan para anggota kelompok tani di Desa ini mengajak untuk terus berupaya mencarikan solusi diantaranya dengan kita buat bendungan kali lalu air kita angkat dengan mesin menyedot air. Harapannya dengan cara ini kita bisa selamatkan tanaman para petani. Kami akan terus mendukung petani di desa, supaya mereka bisa panen dan hasilnya bisa optimal. Dengan begitu program pemerintah akan bisa terwujud khususnya program swasembada pangan.” pungkas Babinsa (Pen0709).

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *