Pangdam IV/Diponegoro Buka Upacara Persami Tingkat Kodam IV/Diponegoro

Pangdam IV/Diponegoro Buka Upacara Persami
Tingkat Kodam IV/Diponegoro

KODIM 0709/KEBUMEN, Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Mochamad Effendi, S.E., M.M., bertindak selaku irup pada upacara pembukaan perkemahan Sabtu-Minggu (Persami) Pramuka Saka Wira Kartika tahun anggaran 2019 yang diikuti sedikitnya 600 peserta anggota Saka Wira Kartika dari 36 Kodim jajaran Kodam IV/Diponegoro dengan mengambil lokasi kemah di Lapangan Tembak Krida Manggala Secata Rindam IV/Dip Desa Pekuncen Kec. Sempor Kab. Kebumen, Jum’at (21/06/2019).

Kegiatan Persami Pramuka Saka Wira Kartika Tingkat Daerah Kodam IV/Diponegoro kali ini mengambil tema “Melalui pembinaan kepramukaan Sakawira Kartika TNI AD siap membina dan membentuk generasi muda bangsa yang berkarakter dan berwawasan kebangsaan serta berjiwa kesatria guna menumbuhkan rasa cinta tanah air dan menjaga keutuhan NKRI.” Bertindak selaku komandan upacara Siswa Arvian Satria Pratama dari SMA Negeri 1 Pejagoan sekaligus sebagai anggota Dewan Kerja Cabang (DKC) Kwarcab Kebumen.

Mangacu pada tema melalui pembinaan kepramukaan saka wira kartika TNI AD siap pembinaan dan membentuk generasi bangsa yang berkarakter dan berwawasan kebangsaan serta berjiwa Kesatria menumbuh kembangkan rasa cinta tanah air dan menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Demikian dikatakan Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Mochamad Effendi, S.E., M.M., saat memberikan sambutannya dihadapan 600 peserta upacara.

Lebih lanjut Pangdam menjelaskan, melalui Kwartir Nasional gerakan pramuka dan TNI AD bersama-sama mengembangkan pembawaan dibidang pembentukan karakter bangsa khususnya para generasi muda sebagai penerus tongkat estafet kepemimpinan di masa depan.

Pembinaan ini untuk generasi muda dalam rangka merealisasikan gerakan pramuka yang telah dicanangkan bahwa Pramuka merupakan suatu wadah ataupun aset bangsa yang tak ternilai harganya betapa pentingnya pendidikan karakter untuk putra-putri Indonesia dalam perkemahan Sabtu Minggu terbesar di tingkat daerah ini.

Saka Wira Kartika diharapkan dapat menambahkan kemampuan dan keterampilan peserta sehingga menghasilkan generasi muda yang tangguh dan mandiri. Perkemahan Sabtu-Minggu ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana hasil pembinaan kepramukaan yang telah dilaksanakan oleh aparat satuan komando kewilayahan dan satuan non komando kewilayahan jajaran TNI AD khususnya wilayah di Kodam lV Diponegoro.

Disamping itu tertuang harapan terwujudnya wawasan dan pengetahuan jenis-jenis keterampilan dalam Saka Wira Kartika serta mengembangkan persaudaraan dan persatuan di kalangan Pramuka Penegak dan Pandega yang bersifat aktif, kreatif, inovatif dan edukatif mengacu kepada pola pembinaan gerakan Pramuka itu sendiri.

Selanjutnya saya selaku majelis pembina pimpinan daerah Saka Wira Kartika menghimbau khususnya kepada kepala wakil daerah serta wilayah Jawa Tengah dan DIY dan Kepala Kwartir cabang se Jateng dan DIY juga terhadap peserta Persami di wilayah masing-masing untuk selalu mengedepankan kemandirian dan kedekatan dengan masyarakat yang semakin manunggal guna membantu mewujudkan pertahanan wilayah.

Berangkat dari situ semua dilandasi kesamaan pandangan peserta Pramuka akan solid dan berkarakter yang tangguh dan bertanggung jawab, kita bersama sebagai komponen bangsa adalah bagian dari pemerintah dan TNI AD melalui perkemahan Sabtu Minggu ini mari kita wujudkan karakter generasi muda secara signifikan, sehingga kiprah ke-Pramuka-an yang dilakukan dengan tulus dan sungguh-sungguh akan menghasilkan jiwa nasionalisme yang kuat.

Hadir dalam upacara pembukaan kali ini Waaster Kasad Brigjen TNI Gathut Setyo Utomo, S.I.P, Bp. Suroso dari Pengurus Kwartir Jateng, Para Asisten  Kodam lV/Dip, Danrem Jajaran Kodam IV/Dip, Kolonel Inf Amrin lbrahim S.I.P Danridam lV/Dip dan sejumlah tokoh dan pimpinan daerah Kab. Kebumen

Usai pembukaan, acara dilanjutkan dengan pentas seni dari perwakilan daerah, Marching Band dari SMA N 1 Banjarnegara, tarian dulalak asal Kab. Purworejo dan tari cepetan khas wilayah Kebumen. Acara juga dimeriahkan dengan lomba Krida perwakilan masing-masing Korem, tampil sebagai tergiat pertama Saka Wira Kartika Kodim BS Semarang, tergiat kedua Kodim Purwodadi dan tergiat ketiga Kodim 0702/Purbalingga. Usai pentas seni  Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Mochamad Effendi, S.E., M.M., yang didampingi Waaster Kasad Brijen TNI Gathut Setyo Utomo, S.I.P dan rombongan berkenan meninjau tenda-tenda Pramuka. (Pen 0709).

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *