Patroli Dan Komsos Pemersatu Masyarakat Dan TNI

Patroli Dan Komsos Pemersatu Masyarakat Dan TNI

KODIM 0709/KEBUMEN, Menjaga wilayah binaan agar senantiasa kondusif dan aman selalu menjadi dambaan setiap lingkup masyrakat. Dalam pelaksanaannya warga melakukannya dengan Siskamling atau ronda keliling kampung dengan maksud agar lingkungan aman dari aksi-aksi tindak kejahatan dan kegiatan ini akan menjamin kenyamanan masyrakat. Hal serupa juga dilakukan Serda Sakti Nano Wiratno anggota Koramil 08/Alian yang saat bersamaan sedang melakukan kegiatan patroli di desa binaan yakni Desa Seliling Kec. Alian Kab. Kebumen, Jumat malam (14/6/19).

Dalam kegiatan patrolinya Serda Sakti menyambangi sejumlah warga yang sedang melaksanakan ronda dengan metoda komunikasi sosial (Komsos). Metoda ini diterapkan guna memberikan kedekatan Babinsa dengan warga binaan dan selain itu untuk menggali segala bentuk informasi yang berkembang dimasyrakat.

“Kehadiran saya di Desa Seliling ini bertujuan untuk melihat sejauh mana aktifitas warga saat melaksanakan rinda malam, nyatanya saya bangga melihat warga masih mau mengaktifkan budaya Siskamling, saya berharap meski kegiatan ini bersifat rutin namun saya minta kepada semua warga agar senantiasa waspada dan selalu curiga bisa ada hal-hal yang ganjil. Pertajam kepekaan naluri seorang warga agar dalam deteksi dini dapat dilaksanakan dengan baik. Catat segala bentuk kejadian sekecil apapun dan jangan segan-segan melaporkan ke Babinsa atau Bhabinkamtibmas sehingga kita bisa bantu langkah-langkah penyelesaiannya. “ ungkap Sakti.

Hal senada disampaikan Rustam Ketua RT 02 RW 04 bahwa pihaknya mengaku senang dengan adanya Babinsa keliling desa, “Kami bisa mengadukan segala sesuatu kepada Babinsa jika menemukan hal-hal yang menonjol di wilayah, namun dengan kehadiran Babinsa sudah bisa menjadikan orang mau berbuat macam-macam di kampung ini harus berpikir dua kali, coba jika tidak ada Babinsa orang niat buruk pasti bebas melakukan niatnya,” ucap Rustam.

Usai melaksanakan Komsos Babinsa Serda Sakti Nano Wiratno bersama Bhabinkamtibmas melanjutkan kegiatan patroli mengelilingi kampung sambil melihat-lihat keadaan sekitar desa dan menyambangi warga yang berlainan RT. (PEN0709).

 

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *