Babinsa Adimulyo Bantu Alirkan Air Sawah


Babinsa Adimulyo Bantu Alirkan Air Sawah

KODIM 0709/KEBUMEN. Sejumlah wilayah khususnya di wilayah Kecamatan Adimulyo saat ini area persawahan mengalami kekurangan pasokan air, hal tersebut disebabkan oleh musim kemarau yang sudah empat bulan belum juga turun hujan, akibatnya para petani mengalami kesulitan untuk mendapatkan air.

Mengetahui hal tersebut, Babinsa Koramil 17/Adimulyo Serda Rudianto, mengajak para anggota kelompok tani untuk mencari solusinya yakni dengan mengupayakan ketersediaan air dengan melakukan pendistribusian air yang dialirkan Waduk Sempor untuk mengairi sejumlah areal sawah. Pengaturan pendistribusian air ini dilakukan Babinsa dengan para anggota kelompok tani agar kebutuhan air masih bisa tercukupi. Peran Babinsa yang bisa dijadikan motivasi ini dilakukan di Desa Sidomukti Kec. Adimulyo Kab.Kebumen, Rabu (03/07/19).

Danramil 17/Adimulyo Kapten Inf Nuraharkanca secara terpisah membenarkan adanya upaya-upaya yang dilakukan anggotanya terkait kondisi cuaca dan kondisi lahan pertanian yang menurut data para Babinsa di wilayah Desa Sidomukti untuk pasokan air masih sangat kurang.

“Ada beberapa lahan sawah yang harus segera kita tangani, ini bukan masalah kekeringan melainkan kekurangan pasokan air, sehingga saya perintahkan para Babinsa untuk membantu pengaturan air yang dialirkan oleh Waduk Sempor. Memang saat ini tengah memasuki musim kemarau, namun kami sudah memberikan dorongan moril ke para petani untuk terus mengupayakan agar sawahnya tetap berair.”

Lanjut Danramil, “Kami juga mengupayakan untuk bending kali dan melakukan sedot air dengan mesin pompa yang ada, diharapkan dapat membantu meringankan beban para petani untuk mengairi persawahannya.” ujar Danramil.

Pasokan air yang cukup, sangat diperlukan dalam proses pertumbuhan tanaman padi, oleh karenanya, jika pasokan air berkurang, maka dapat mempengaruhi proses pertumbuhan tanaman padi tersebut. (Pen 0709)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *