Babinsa Serka Suranto Bantu Gapoktan Pemeliharaan Padi

KODIM 0709/KEBUMEN,    Pendampingan terhadap petani dilaksanakan oleh Babinsa Serka anggota Koramil 09/Kutowinangun di Desa Babadsari Kec. Kutowinangun Kab. Kebumen. Selasa (23/07/19). secara berjenjang guna mengintensifkan pemeliharaan padi.

Kegiatan pendampingan Babinsa secara intensif ini dilaksanakan untuk memantau dan memonitor perkembangan tanaman padi yang kini sudah mulai berbuah. Hal ini dilakukan Babinsa sebagai upaya khusus pendampingan pertanian sekaligus memberikan motivasi petani agar selalu memperhatikan kondisi tanaman dari serangan hama dan penyakit.

Kegiatan pendampingan yang dilaksanakan Babinsa dan PPL itu bertujuan mendukung program swasembada pangan nasional yang telah diprogramkan pemerintah sejak 2015 lalu. “Memang diperlukan proses pemberdayaan dan pendampingan petani, oleh sebab itu diperlukan kerjasama seluruh elemen masyarakat mulai dari para petani, kelompok tani, petugas PPL dan Babinsa serta Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan  wilayah Kutowinangun. Dikaitkan dengan permasalahan saat ini dengan adanya keterbatasan suplai air yang tengah memasuki musim kemarau. Petugas di lapangan dituntut peran aktifnya dalam setiap pelaksanaan pendampingan program pertanian ini sebagai upaya khusus guna mencapai program swasembada pangan nasional.” ujar Suratno.

Babinsa akan terus melaksanakan pendampingan dan pemantauan perkembangan  pertumbuhan padi mulai dari penyiapan lahan, penyemaian, penanaman, pemupukan, pemberantasan hama sampai siap panen sehingga program swasembada pangan yang dicanangkan pemerintah dalam waktu tiga tahun akan tercapai dengan baik. (Pendim).

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *