Bekali Pengetahuan Bela Negara, Babinsa Contohkan Ketauladanan

Bekali Pengetahuan Bela Negara, Babinsa Contohkan Ketauladanan

KODIM 0709/KEBUMEN, Serka Sumantoro  anggota Koramil 07/Sadang melaksanakan kegiatan pembinaan Pramuka dengan memberikan materi wawasan kebangsaan serta bela negara yang dilanjutkan kegiatan Pelajaran Baris Berbaris (PBB) yang diikuti satu sangga anggota Pramuka Saka Wira Kartika bertempat di halaman Kantor Kecamatan Karangsambung, Kab. Kebumen, Jumat  (26/07/2019).

Pembinaan Saka Wira Kartika Pangkalan Koramil 07/Sadang ini dilakukan secara berpariasi. Para anggota Pramuka tidak saja dibekali pengetahuan tentang wawasan kebangsaan, namun mereka dibekali keterampilan sesuai bakat dan minat mereka. Salah satu contoh materi misalnya pelajaran Pioneering tentang bagaimana mereka membuat simpul hingga jerat, hal ini bertujuan agar kelak bisa mereka gunakan dikemudian hari.

Disisi lain Bati Tuud Koramil 07/Sadang Peltu Sudarsin selaku Pamong Saka Wira Kartika Pangkalan Koramil 07/Sadang mengatakan, “Untuk membina dan membentuk komponen masyarakat seperti anggota Pramuka adalah sasarannya membentuk watak dan kepribadian, berakhlak mulia, berdisiplin, terampil dan berjiwa kesatria serta memiliki rasa cinta tanah air yang berlandaskan ke-Bhinneka Tunggal Ika-an dengan semangat bela negara untuk mewujudkan keutuhan NKRI yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur. Dari dasar inilah saya yakin generasi penerus nantinya bisa kita jadikan penerima tongkat estafet kepemimpinan,” katanya.

Dibagian lain Serka Sumantoro sibuk menyiapkan proses pembentukan sikap dengan membina mereka para anggota Pramuka melalui metode Pelajaran Baris Berbaris (PBB). Satu hal yang menjadi minat mereka adanya penyajian materi dilakukan secara simpel yakni teori dan peragaan langsung disampaikan di lapangan. Hal ini diungkapkan Yani salah seorang siswi anggota Pramuka, ia mengatakan,”Simpel dan praktis ngga pake nyatet, gerakan langsung bisa kita tirukan ditempat, ini suatu kemudahan bagi kami untuk bisa cepat diterima dengan baik.” katanya.

Meski kegiatan yang mereka terima hingga memakan waktu sampai dua setengah jam itu, nampak keceriaan masih tergambar di wajah riang para anggota Saka, pasalnya tidak ada kata lelah bagi mereka malah sebaliknya menambah betah dan kesan baik yang bisa dikenang. (Pendim).

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *