Bentuk Karakter Bangsa, Danramil 08/Alian Berikan Materi Bela Negara

Bentuk Karakter Bangsa, Danramil 08/Alian Berikan Materi Bela Negara

KODIM 0709/KEBUMEN. Bertempat di Kantor Balai Desa Sawangan Kec. Alian Kab. Kebumen sejumlah perwakilan masyarakat mengikuti penyuluhan materi bela negara yang dipaparkan secara rincin oleh Danramil 08/Alian Kapten Cba Hari Supriyanto. Senin (15/07/19).

Dalam arahannya Danramil mengajak kepada seluruh peserta yang hadir untuk mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dan ke-Bhineka Tunggal Ika-an dalam setiap langkah kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara sebagai wujud rasa cinta tanah air yang dilandasi kepribadian, karakter luhur dan jati diri bangsa sebagai insan yang memiliki norma dan aturan hukum.

Tujuan diberikannya penyuluhan ini adalah sebagai upaya perkuatan jiwa nasionalisme guna menghadapi tantangan hidup yang semakin komplek. Disisi lain tujuan bela negara juga diperuntukan untuk menata kembali norma-norma kesadaran berbangsa dan bernegara dalam kontek tujuan Pancasila yakni masyarakat adil dan makmur.

Hadir secara pribadi Kades Sawangan BP Teguh Suryadi, Pasiter Kodim 0709/Kbm Kapten Inf Bambang Muldianto, Danramil 08/Alian Kapten Cba Hari Supriyanto sebagai peserta pada penyuluhan bela negara kali ini yakni dari jajaran perangkat desa Sawangan, para ketua RT, RW, Karangtaruna, para tokoh masyarakat dan sejumlah Mahasiswa KKN Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) para guru Paudni serta dari para guru TK Pertiwi Sawangan.

Dalam arahannya Danramil 08/Alian Kapten Cba Dapotma Pandiangan mengatakan, “Kita bangsa yang besar memiliki sumber daya alam hayati yang luas dan subur, memiliki sumber daya manusia yang berkualitas, bangsa kita juga memiliki potensi untuk tumbuh dan berkembang sebagai bangsa besar, Namun kita juga perlu memupuk nilai-nilai kebngsaan dalam setiap jiwa individu melalui penguatan nilai-nilai nasionalisme agar kecintaan kita terhadap bangsa dan negara semakin kokoh. Saya juga berharap agar apa yang diserap dalam materi ini bisa untuk diimplementasikan di lapangan, sehingga tujuan membangun sikap, perilaku, dan kepribadian bangsa mudah terwujud.” Papar Danrmil.

Usai kegiatan penyuluhan bela negara para peserta mengungkapkan rasa terimakasihnya kepada Kodim yang telah memberikan pembekalan dan pencerahan sehingga telah mampu menyegarkan kembali jiwa nasionalisme. (PEnDiM0709)

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *