Bupati Kebumen Buka TMMD Sengkuyung II Desa Sawangan

Bupati Kebumen Buka TMMD Sengkuyung II Desa Sawangan

KODIM 0709/KEBUMEN, Bertempat di lapangan Dukuh Legok RT 03/01 Desa Sawangan Kec. Alian Kab. Kebumen digelar upacara pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) sengkuyung tahap II tahun 2019 oleh Bupati Kebumen KH. Yazid Mahfudz sekitar pukul 09.30 Wib,  Kamis (11/07/19).

Dipilihnya Desa Sawangan sebagai desa sasaran TMMD kali ini karena dinilai akses fasilitas umum yang dimiliki desa tersebut belum memadai. Alasan lain mengatakan, dibangunnya akses jalan Desa Sawangan tersebut nantinya akan bisa menghubungkan dengan desa tetangga yakni Desa Tlogowulung. Sebagian besar masyarakatnya memang berpenghasilan petani dan buruh tani. Namun animo warga untuk membangun sangat tinggi. Ini terbukti selama pelaksanaan Pra-TMMD berlangsung sejak 28 Juni lalu antusias dan semangat gotong royong warga sangat jelas tergambar, terlebih dibuktikan keterlibatan kaum ibu-ibu yang dengan sikap menyiapkan konsumsi bagi para pekerja di TMMD. Ini pun menjadikan faktor yang berpengaruh terhadap keinginan masyarakat untuk meningkatkan taraf hidup dan perekonomian secara merata.

Upacara Pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa Sengkuyung Tahap Il TA 2019 kali ini mengambil tema ” Bersama TMMD membangun untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat ” bertindak selaku inspektur upacara Bupati Kebumen KH. Yazid Mahfudzdan bertindak selaku Komandan Upacara  Danramil 17/Adimulyo Kapten lnf Nuraharkanca.

Hadir pada acara pembukaan TMMD tersebut sejumlah anggota Forkopimda Kebumen, Wakil DPRD Kbm/Fraksi PKB BP. Miftahul Ulum, Para Asisten dan Staf Ahli Bupati Kab. Kebumen, Para Pimpinan OPD Se Kab. Kebumen, Ka Kaminvetcad Gombong Kapten Arm Nasiman, Dansecata Gombong Rindam IV/Dip Letkol lnf Muhamad Muhtar lbrahim, Dandenpal Rem 072/Pmk Mayor Pal M Arif Yazul, Kepala BUMD Wil Kab Kebumen, Para Danramil jajaran Dim 0709/Kebumen, Muspika Kec. Alian, Pemdes Sawangan dan Para Kades Se Kab. Kebumen.

Dalam sambutan Gubernur Jawa Tengah yang dibacakan Bupati Kebumen KH. Yazid Mahfudz mengatakan, “TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) adalah suatu program terpadu antara TNI dan pemerintah daerah dalam percepatan pelaksanaan pembangunan dan pengentasan desa tertinggal dengan tujuan membangun harapan kesejahteraan masyarakat di daerah sebagai sasaran pokoknya. TMMD juga memiliki tujuan sebagai upaya mempererat kemanunggalan TNI-Rakyat.

Dengan mengangkat tema, “Bersama TMMD Membangun Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat,” program TMMD ini harus kita sukseskan bersama. Program TMMD dapat terlaksana dengan baik apabila adanya partisipasi dan budaya gotong-royong masyarakat dan kerja sama yang saling mendukung dari semua unsur yang terlibat baik TNI, Polri, Pemda dan masyarakat. Keharmonisan dan kebersamaan dalam kemanunggalan TNI-Rakyat telah menjadi salah satu pilar kuat untuk tetap menjaga kedaulatan NKRI. Disamping itu kemanunggalan TNI-Rakyat merupakan suatu kekuatan yang maha dahsyat untuk mengatasi tantangan tugas kedepan yang semakin komplek.

Kemiskinan, pengangguran, pembangunan sumber daya manusia dan lain-lain adalah tugas kita semua untuk mencarikan solusi dan jangan hanya dijadikan sebagai agenda atau PR saja, namun lebih nyata harus kita wujudkan dimana salah satu contohnya adalah TMMD saat ini. Harapannya dengan program ini mampu mengakselerasi upaya memajukan desa. Sasaran program TMMD adalah desa miskin, terisolir dan terpencil, serta daerah kumuh perkotaan. TMMD sangat dibutuhkan dalam mempercepat proses pembangunan dan kesejahteraan masyarakat, khususnya Kebumen ini.

Pembangunan fisik, seperti pembangunan jembatan, membuat jalan, normalisasi irigasl, juga ada pembangunan peningkatan masyarakat dibidang non fisik yang meliputi penyuluhan wawasan kebangsaan, penyuluhan kependudukan, penyuluhan hukum, penyuluhan pertanian, penyuluhan reproduksi sehat, pemanfaatan sumberdaya alam sebagai bahan pangan berbasis lokal, pemutaran film dokumenter, penyuluhan bahaya Narkoba serta kegiatan- kegiatan lainnya akan secara berthap kita laksanakan guna menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas.” ucap Bupati.

Usai pembukaan TMMD, jajaran Forkopimda Kab. Kebumen langsung menuju lokasi TMMD untuk melihat lebih dekat proses pengerjaan sasaran jalan rabat beton sepanjang 555 meter. Dalam program TMMD yang lebih utama ialah meningkatkan kemanunggalan antara TNI dengan Rakyat sehingga sistim Hankamrata tetap solid. (pendim 0709 Kbm)

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *