Dampingi Petani, Babinsa Koramil 04/Karanganyar Semprot Tanaman Padi

Dampingi Petani, Babinsa Koramil 04/Karanganyar Semprot Tanaman Padi

KODIM   0709/KEBUMEN, Bintara Pembina Desa (Babinsa) Desa Wonorejo Koramil 04/Karanganyar Kodim 0709/Kebumen Sertu Romadi ikut membantu penyemprotan padi pencegahan serangan hama walang sangit bersama Kelompok Tani Sinar Tani yang diketuai Bpk. Sankaryo, Senin (08/07/2019).

Dalam perawatan tanaman padi, membutuhkan ketelatenan terlebih ketika tanaman padi mulai berbuah dan diserang hama dan penyakit. “Untuk mengendalikan serangan hama dan penyakit, maka dibutuhkan teknik menyemprot tanaman padi yang tepat dan benar,” ujar Sertu Romadi.

Lebih lanjut Romadi menyampaikan, “Penyemprotan sekilas tampak mudah dan bisa dilakukan oleh siapapun, tetapi karena bahan-bahan penyemprotan membutuhkan banyak campuran yang terkadang mengandung racun, maka tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Teknik penyemprotan merupakan salah satu kegiatan dalam mengendalikan serangan hama dan penyakit untuk mengoptimalkan pertumbuhan tanaman padi sehingga diharapkan bisa panen padi dengan hasil yang optimal,” pungkas Romadi.

Sementara itu, petugas PPL Wawan juga mengatakan, waktu yang tepat untuk menyemprot tanaman padi adalah saat mulut daun mulai terbuka. Cairan pestisida akan lebih mudah diserap oleh tanaman hingga masuk ke dalam lapisan jaringan. Hama yang menyerang tanaman padi akan dapat segera mati ketika mencoba memakan bagian tanaman. “Waktu yang tepat dan disarankan untuk melakukan penyemprotan adalah pada pagi hari pukul 09.00 Wib dan sore jam 15.30 Wib, saat mulut daun terbuka,” imbuh Wawan. (Pendim 0709).

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *