Danramil 08/Alian, Hadiri Sosialisasi Pemeliharaan Ayam Joper

Danramil 08/Alian, Hadiri Sosialisasi Pemeliharaan Ayam Joper

KODIM 0709/KEBUMEN, Kapten Cba Hari Supriyanto menghadiri acara pendampingan teknis manajemen pemeliharaan ayam kampung jawa super (Joper) dan bedah kemiskinan rakyat sejahtera (Bekerja) Tahun Anggaran 2019 bertempat di Balai Desa Krakal Kec. Alian Kab. Kebumen. Rabu (17/07/19).

Bantuan berupa ayam jawa super (Joper) masing-masing akan diterima masyarakat berupa 50 ekor ayam yang masih berusia satu bulan. Keinginan pemerintah untuk menciptakan daya kreatif masyarakat nampaknya kini mulai terwujud yakni melalui pembudidayaan ayam Joper ini, dengan maksud untuk menciptakan peluang peningkatan kesejahteraan ekonomi  masyarakat agar lebih mapan.

Dalam forum rapat tersebut Danramil 08/Alian Kapten Cba Hari Supriyanto menjelaskan, “Beternak ayam Joper yang jelas diperuntukan guna memberikan nilai tambah ekonomi masyarakat. Ayam Joper memiliki masa panen yang lebih cepat dibanding ayam kampung biasa, hanya 60 hari atau sekitar 2 bulan. Pada masa pemeliharaan 2 bulan ini biasanya peternak sudah dapat memanen ayam Joper dengan bobot 8 ons hingga 1 Kg.

Joper atau Jawa Super adalah persilangan antara ayam Bangkok pejantan dengan ayam petelur betina. Dari pesilangan kedua jenis ayam itulah yang kemudian munculnya ayam yang unggul yaitu ayam jawa super atau Ayam Joper. Namun kita juga wajib memperhatikan kebutuhan pakan yang bernilai gizi tinggi. Maka Ayam Joper ini akan dapat tumbuh lebih optimal. Karena masa panennya singkat, maka Ayam Kampung Super atau Joper ini dapat meningkatkan efisiensi penggunaan pakan.” terang Danramil.

Hadir dalam acara itu Kadis Tapang Kebumen BP. Ir. Triharyono, Danramil 08/Alian Kapten Cba Hari Supriyanto, Kepala BB Vet Jogja, Sekcam Alian, BNI Cabang Kebumen BP. Nenda Kusuma,  Penyuluh peternakan ibu Tri Widowati, Kades Krakal beserta perangkatnya dan perwakilan masyarakat sekitar 85 orang. (PenDIM).

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *