Jaga Lingkungan, Dandim 0709/Kebumen Menanam Mangrove untuk Kehidupan

Jaga Lingkungan, Dandim 0709/Kebumen Menanam Mangrove untuk Kehidupan

KODIM 0709/KEBUMEN. Gubernur Jawa Tengah H. Ir. Ganjar Pranowo, Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo, Kepala BNKG Prof. Ir. Dwikorita Karnawati, M.Sc., Ph.D, Kepala BSN Prof Dr. Bambang Prasetya, Dandim 0709/Kebumen dan sejumlah jajaran Forkominda Kab. Kebumen, Para OPD Setda Kebumen, para Danramil jajaran Kodim 0709/Kebumen, Muspika se Kab. Kebumen, masyrakat dan para pelajar se Kab. Kebumen dan peserta ekspedisi (Pemerintah, masyarakat, lembaga usaha, akademisi, media massa) dan Dinas BPBD Kab. Kebumen melaksanakan aksi pelestarian lingkungan dengan menanam 1000 pohon mangrove di pantai Laguna Kec. Mirit Kab. Kebumen, Selasa (30/07/2019).

Sebagian besar masyarakat telah mengenal hutan mangrove sebagai sekumpulan pohon yang tumbuh di daerah pasang surut atau kawasan pinggiran pantai. Hutan Mangrove juga populer dengan sebutan Hutan Bakau, dikarenakan mayoritas populasi tanaman yang hidup pada Hutan Mangrove adalah tanaman bakau.

Peran penting dalam menjaga garis pantai agar tetap stabil maka, kehadiran populasi hutan mangrove tersebut dapat melindungi tepian pantai dari terjangan ombak langsung yang berpotensi menghantam dan merusak bibir pantai. Selain itu, peran penting Hutan Mangrove lainnya yakni melindungi pantai dan tebing sungai dari kerusakan, seperti erosi dan abrasi.

Dari sektor ekonomi, Hutan Mangrove juga memberikan pendapat alternatif bagi nelayan, dalam satu bulan kawasan magrove bisa menghasilkan 50-60 liter madu. Masyarakat setempat menjadikan kawasan Mangrove sebagai lahan untuk mengais rezeki.

Menurut Dandim, “melihat peran penting dan potensi besar yang dimiliki dari hutan mangrove baik dalam sektor ekonomi maupun pelestarian lingkungan hidup, sudah selayaknya masyarakat dan seluruh elemen mendukung dan berpartisipasi dalam gerakan pelestarian lingkungan hidup demi kemaslahatan bersama. (Pendim0709).

 

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *