Petani Binaan Babinsa Karangsari Panen Raya

Petani Binaan Babinsa Karangsari Panen Raya

KODIM 0709/KEBUMEN, Babinsa Koramil 09/Kutowinangun Serka Joko Sutomo beserta para petani binaannya di Desa Karangsari Kec. Kutowinangun Kab. Kebumen, Senin (22/07/19) mengelar panen raya padi seluas 5 hektar dengan jenis varietas Mikongga. Dari luasan tersebut setidaknya 7 ton Gabah Kering Pungut (GKP) dapat dihasilkan petani.

Di tempat terpisah, Danramil 09/Kutowinangun Kapten Arh Suwarno membenarkan kegiatan panen perdana ini, ia juga mengatakan terkait kegiatan pendampingan dan menempatkan Babinsanya untuk aktif mendampingi para petani. Pendampingan ini dilakukan sebagai bentuk untuk mengetahui laju perkembangan maupun hampatan yang dihadapi petani selama ini di lapangan, sehingga Babinsa bisa mengambil upaya penyelesaiannya.

“Dalam mensukseskan program swasembada pangan ini, Babinsa selalu terjun ke lahan-lahan pertanian bersama para petani untuk mengawal keberlangsungan perkembangan pembangunan di sektor pertanian termasuk komoditi pangan dengan selalu berkordinasi dengan anggota Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) dalam menjalankan tugas di lapangan sehingga ada koordinasi yang baik antara Petani, Babinsa dan PPL. Melalui kegiatan pendampingan ini diharapkan nantinya dapat berjalan sesuai rencana pemerintah khususnya progam upaya khusus (UPSUS) dapat terlaksana,” terang Danramil.

Babinsa Koramil 09/Kutowinanguan Serka Joko merasa bengga dengan hasil yang dicapai petani. Ia merasa apa yang dilakukannya selama ini tidak sia-sia sehingga hasil yang diperoleh cukup memuaskan.

Petani binaan Serka Joko berhasil mengumpulkan sekitar 7 ton GKP padi jenis Mikongga dari luas lahan 5 Ha. Harapan besar Danramil diungkapkan, bahwa prajurit adalah mitra petani, oleh sebab itu masyarakat yang berkecimpung dibidang bertanian jangan sunkan-sungkan untuk meminta bantuan maupun dukungan dari para Babinsa di lapangan.

Disisi lain guna memelihara saluran irigasi sawah, jajaran Koramil 09/Kutowinangun turut mengerakkan warga untuk berpartisipasi melaksanakan normalisasi saluran. Dalam kegiatan ini para petani sepakat untuk menormalisasi dan memanfaatkan air irigasi sebagai sendi kehidupan tanaman.

“Dengan partisipasi para Babinsa disana bersama petugas PPL diharapkan saluran irigasi ini semakin lancar. Kendala di lapangan cepat teratasi, sehingga akan meningkatkan produksi pertanian,” imbuh Danramil. (Pendim).

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *