Tanamkan Cinta Tanah Air, Babinsa Koramil 22/Ayah Wujudkan Siswa Berkarakter

Tanamkan Cinta Tanah Air, Babinsa Koramil 22/Ayah Wujudkan Siswa Berkarakter

KODIM 0709/KEBUMEN. Babinsa Koramil 22/Ayah Pelda Doni Eko Prasetyo bertindak selaku pembina upacara bendera hari Senin (29/07/19) di lapangan upacara SMA Negeri 1 Ayah yang diikuti seluruh siswa/siswi, guru, staf dan karyawan sekolah setempat.

Nampak hikmat dan tertib jalannya upacara pagi itu ditambah kesiapan para petugas yang memang sebelumnya telah disiapkan oleh para anggota Osis dibawah bimbingan Koramil dan Guru kesiswaan, sehingga dalam pelaksanaannya tidak menemui hambatan. Urut-urutan pelaksanaan upacara pun nampak tersusun dengan rapih dan apik sesuai tata upacara sekolah, hal ini menimbulkan kesan bahwa para petugas benar-benar siap pagi itu.

Dalam amanatnya Pelda Doni E Prasetyo mengatakan,” Pada kesempatan yang baik ini saya akan kemukakan satu tema, yakni “Pendidikan Karakter Siswa Untuk Membangun Peradaban Bangsa.” Saya berharap melalui tema ini menjadi tepat dengan perkembangan dan perubahan aspirasi di masyarakat yang sangat dinamis.

Tentu bukan hanya itu, hal ini bisa terwujud karena didorong nilai-nilai juang para pendiri bangsa yang mencita-citakan masyarakat adil, makmur, sejahtera, beriman, berkepribadian baik, berjiwa nasionalis, berprestasi  serta memiliki karakter bangsa yang kuat.

Pendidikan, merupakan upaya untuk memajukan tumbuh kembangnya budi pekerti, pikiran dan tubuh para siswa siswi sekalian. Bagian-bagian itu tidak boleh dipisahkan agar kita dapat memiliki perisai dalam memajukan kesempurnaan hidup yang selalu berubah oleh perkembangan jaman. Kesempurnaan hidup bagi para siswa menjadi kata kunci dan menjadikan para siswa siswi untuk jujur.

Itu sebabnya dalam pelaksanaan Ujian Nasional (UN) kita harus terus gelorakan UN Jujur dan Berprestasi, dan hasilnya pun tetap kita harus terus sempurnakan melalui budaya belajar dan berlatih. Kita tidak akan tahu kekurangan-kekurangan jika tidak dilakukan evaluasi atau ujian dengan standar nasional dimana UN sebagai alat untuk memetakan kondisi riil di lapangan yang sesungguhnya. Karena dari hasil inilah maka selanjutnya akan diambil serta diputuskan jenis intervensi kebijakan dalam memperbaiki kualitas dunia pendidikan kita.

Dunia pendidikan diharapkan sebagai motor penggerak untuk memfasilitasi pembangunan karakter, sehingga anggota masyarakat mempunyai kesadaran kehidupan berbangsa dan bernegara yang harmonis dan demokratis dengan tetap memperhatikan norma-norma sosial di masyarakat yang telah menjadi kesepatan bersama.

Pebangunan karakter dan pendidikan karakter menjadi satu keharusan, karena pendidikan tidak hanya menjadikan peserta didik menjadi cerdas juga mempunyai budi pekerti yang luhur serta adat sopan santun yang kental, sehingga keberadaannya menjadi lebih bermakna baik bagi dirinya maupun masyarakat sekitarnya. Kita ingin membangun manusia Indonesia yang berakhlak, berbudi pekerti, dan berperilaku baik. Bangsa kita ingin pula memiliki peradaban yang unggul dan mulia.

Peradaban demikian dapat kita capai apabila masyarakat kita juga merupakan masyarakat yang baik (Good society). Dan masyarakat idaman seperti ini dapat kita wujudkan manakala manusia-manusia Indonesia adalah manusia berakhlak dan berwatak baik, manusia yang bermoral dan beretika baik serta manusia yang bertutur kata dan berperilaku baik pula.

Itulah sebabnya, kita menggaris bawahi pentingnya pendidikan dan pembangunan karakter bangsa dalam arti luas. Bangsa yang berkarater unggul, disamping tercermin dari moral, etika dan budi pekerti yang baik, juga ditandai dengan semangat, tekad, keberanian dan energi yang kuat, dengan pikiran yang positif dan sikap yang optimis serta dengan rasa persaudaraan, persatuan dan kebersamaan yang kuat.

Inilah totalitas dari karakter bangsa yang kuat dan unggul, yang pada kelanjutannya bisa meningkatkan kemandirian dan daya saing bangsa, menuju Indonesia yang maju, bermartabat dan sejahtera.

Akhirnya saya berdo’a seraya menengadahkan kedua tangan, memohon kepada Allah SWT agar penyelenggaraan pendidikan di sekolah ini mampu melahirkan siswa siswi berprestasi, unggul dan berkepribadian baik. Dengan harapan apa yang kita kerjakan selama penyelenggaraan proses belajar mengajar berlangsung, menjadi amal kebajikan kita di dunia ini serta senantiasa mendapat Ridho Allah SWT …Amin YRA.

Semoga Allah SWT senantiasa membimbing setiap langkah dan prilaku kita menuju jalan yang lebih baik dan sukses selalu. Sekian dan terimakasih.

Usai pelaksanaan upacara bendera para siswa dan siswi SMA Negeri 1 Ayah mendapat pembekalan pengetahuan tentang karakter bangsa dan cinta tanah air yang disampaikan Pelda Doni di aula sekolah. (Pendim).

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *