Tanamkan Nasionalisme, Babinsa Buluspesantren Latih Siswa Baru

Tanamkan Nasionalisme, Babinsa Buluspesantren Latih Siswa Baru

KODIM 0709/KEBUMEN. Babinsa Koramil 13/Buluspesantren Pelda Ahmad Tarudin dan Serda Arif. M melaksanakan kegiatan melatih baris berbaris para siswa baru dalam rangka kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) yang diselenggarakan panitia berlangsung di SMA Negeri 1 Buluspesantren, Rabu (17/07/19).

Kegiatan yang berlangsung sejak pukul 10.00 hingga 12.00 Wib itu diikuti oleh 90 orang siswa pelajar baru yang berasal dari berbagai sekolah SMP di wilayah Buluspesantren. Pelda Amad Tarudin yang dibantu Serda Arif. M dalam kegiatan MPLS memberikan materi bukan saja materi lapangan tetapi para siswa pun diberikan materi kelas. Wawasan Kebangsaan yang disajikan Tarudin, berisi tentang pembentukan nilai-nilai karakter dan pembentukan nilai-nilai kepribadian termasuk mematangkan sikap dan prilaku para siswa baru.

Sementara itu Serda Arif fokus memberikan materi lapangan berupa peraturan baris berbaris dan tata cara penghormatan. Materi yang diberikan Arif mulai dari sikap sempurna, sikap istirahat, sikap berjalan, sikap penghormatan, periksa kerapihan, lencang kanan, lencang depan merupakan materi dasar yang wajib mereka miliki. Tahapan materi yang diberikan nampaknya diikuti oleh para siswa dengan penuh ketekunan dan antusias yang tinggi.

Paparan cahaya matahari cukup menyengat namun para siswa tampak mengikuti dengan serius. Hal ini diberikan Arif dengan penuh keakraban sambil sesekali menyapa. “Kami berikan contoh yang benar dan contoh yang salah sehingga mereka bisa membedakan. Kami sajikan secara unik dan pleksibel agar mudah diterima. Saat jeda, kami berikan apersepsi, yaitu cerita lucu yang mengarah kepada pokok bahasan sebagai pelepas penat. Hasilnya anak-anak tampak tetap semangat. Ditambah kami ciptakan yel yel almamater Klas X, suasana tampak meriah. “ ucap Arif. (PenDIM).

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *