Temu Lapang Petani (Farmer’s Field Day) Desa Karangsari

Temu Lapang Petani (Farmer’s Field Day) Desa Karangsari

KODIM 0709/KEBUMEN, Danramil 09/Kutowinangun Kapten Arh Suwarno beserta beberapa orang Babinsa menghadiri acara Hari Temu Lapangan Petani (Farmer’s Field Day) yang diselenggarakan Dinas Pertanian dan Pangan (Distapang) Kab. Kebumen bersama para petani Desa Karangsari Kec. Kutowinangun Kab. Kebumen, Senin (22/07/19).

Sebagai salah satu metode pemberdayaan petani melalui pertemuan antara para petani, peneliti dan penyuluh untuk saling tukar menukar informasi tentang teknologi pertanian yang diterapkan dan diharapkan adanya umpan balik dari para petani terkait peningkatan mutu pertanian.

Kegiatan ini bisa dilaksanakan saat panen atau pada tahapan proses budidaya untuk menyampaikan pesan terkait dengan penerapan teknologi, khususnya yang berkaitan dengan upaya peningkatan produktivitas pada komoditas padi, jagung, kedelai ataupun aneka tanaman lain sesuai dengan program pertanian yang digulirkan pemerintah.

Kegiatan temu lapang petani kali ini dilaksanakan di Desa Karangsari Kecamatan Kutowinangun Kabupaten Kebumen, di lokasi budidaya kacang hijau, dengan topik utama adalah tentang budidaya tanaman Kacang hijau. Hal ini dilakukan Dinas Pertanian dan Pangan Kab. Kebumen seluas 5 Ha yang semua dibudidayakan di Desa Karangsari.

Kegiatan yang dihadiri petani-petani desa setempat tersebut juga dihadiri oleh Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kab. Kebumen BP. Tri Haryono, Para PPL , POPT, dan PPS Desa Karangsari, Babinsa, serta Danramil.

Dalam sambutannya Danramil 09/Kutowinangun Kapten Arh Suwarno. menyampaikan agar para petani penerima bantuan kacang ijo ini untuk dapat memanfaatkan dengan sebaik-baiknya, karna pada saat ini kacang ijo merupakan salah satu komoditas unggulan dalam pembangunan pertanian.

Pembicara utama pada kegiatan temu lapang adalah BP Tri Haryono sebagai Kepala Distapang Kebumen. Tri menyampaikan tentang teknis penyemaian benih, penyiapan lahan, dan penanaman. Kegiatan difokuskan pada diskusi dan sharing pengalaman antar petani. Selain itu, kegiatan tersebut diisi oleh BP. Slamet selaku PPL yang membahas tentang pengamatan dan pengendalian OPT. (Pendim)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *