TMMD Kodim 0709/Kebumen Pelopor Warga , Wujudkan Impian Jalan Desa

TMMD Kodim 0709/Kebumen Pelopor Warga , Wujudkan Impian Jalan Desa

KODIM 0709/KEBUMEN, Memasuki hari ke 15 pelaksanaan TMMD Sengkuyung tahap II yang digelar Kodim 0709/Kebumen dengan sasaran kegiatan fisik pembangunan jalan rabat beton sepanjang 555 meter dan lebar 4 meter itu dikerjakan bersama masyarakat dan para anggota Kodim 0709/Kebumen di Desa Sawangan Kec. Alian Kab. Kebumen. Jumat (26/07/19).

Sejak dibuka oleh Bupati Kebumen KH. Yazid Mahfudz kegiatan semakin menjadikan masyarakat Sawangan lebih giat, terlebih saat pelaksanaannya Kades Teguh Suryadi langsung turun dan ikut bergabung dalam barisan TMMD kali ini. Menurut Teguh pembangunan jalan yang telah lama ia rencanakan kini akhirnya bisa terlaksana. Hal ini berkat hasil koordinasi yang baik antara Desa, Koramil, Kecamatan, Kodim dan Pemkab Kebumen.

Pada kesempatan itu, Kades Sawangan terus mengajak warga untuk lebih giat bekerja, meski paparan matahari cukup menyengat. Namun antusias warga untuk mewujudkan impiannya tidak terlihat surut. Karena jalan yang telah lama mereka impikan itu sebentar lagi akan segera terwujud.

“Sebentar lagi kita akan memiliki jalan desa yang bagus, meski desa ini katagori pegunungan namun kita nggak boleh kalah dengan desa-desa lainnya. Kini pelaksanaan pengecoran jalan sudah mencapai 370 meter dari panjang yang direncanakan yakni 555 meter, itu artinya pelaksanaan pengecoran sudah mencapai 66 %. Kita jangan kalah semangat dengan BP. TNI, kita harus adu semangat. TNI kan membantu kita, lah kita yang dibantu tentu harus lebih semangat. Karena yang akan lebih banyak menikmati adalah kita warga Sawangan. Sementara BP. TNI mengantarkan kita agar desa kita lebih maju selangkah dibandingkan dengan desa lain. “ ujar Kades penuh antusias.

Sementara itu menurut keterangan Danramil 08/Alian Kapten Cba Hari Supriyanto saat di lapangan menjelaskan. TMMD ini memiliki dua sasaran fisik yakni sasaran fisik utama yaitu pengecoran jalan dan sasaran fisik tambahan yakni rehab RTLH sebanyak 5 unit.

“Kami sudah koordinasi dengan Kades agar membagi personel di lapangan sehingga kegiatan antara cor jalan dan RTLH dapat semua terlaksana. Untuk rehab RTLH itu sendiri kini sudah memasuki tahap 56 %, itu artinya sudah separuh perjalanan. Mudah-mudahan saat penutupan nanti tanggal 8 Agustus bisa kelar semua. Intinya akan kami upayakan terus agar kegiatan ini berjalan lancar. Meski dengan keterbatasan waktu, kami juga sudah melakukan koordinasi bukan saja dengan Kades namun juga dengan para tokoh masyarakat dan warga Sawangan agar hari libur tetap kerja. Namun bagi yang punya kepentingan mendesak dan itu memang tidak bisa ditinggalkan atas se ijin Kades mereka pun dapat meninggalkan pekerjaan ini untuk sementara waktu.” timpal Danramil.

Pada kegiatan TMMD sengkuyung tahap II kali ini selain dua sasaran fisik tadi, Kodim 0709/Kebumen juga menggelar kegiatan non fisik mulai dari penyampaian materi penyuluhan bela negara, penyuluhan kesadaran berbangsa dan bernegara oleh Kodim, juga digelar penyuluhan kesadaran hukum dan penyuluhan bahaya Narkoba oleh anggota Polres Kebumen. Penyuluhan lainnya yakni tentang kesehatan PHBS, PMS, penyuluhan tentang HIV/AIDS juga disampaikan oleh Dinas Kesehatan Kab. Kebumen. Ada juga penyuluhan lainnya yakni tentang percepatan penganekaragaman komsumsi berbasis pangan lokal dan praktek diselenggarakan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kab Kebumen. Dan pada tanggal 29 Juli 2019 nanti akan dilaksanakan penyuluhan dan pelayanan administrasi kependudukan dari Disdukcapil Kab. Kebumen. Semua kegiatan ini digelar untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat khususnya warga Desa Sawangan. (Pendim).

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *