Anggota Kodim Kebumen Ikuti Pelatihan Web Troubleshooting Jaringan Internet dan Sistem Keamanan Web

Anggota Kodim Kebumen Ikuti Pelatihan Web Troubleshooting Jaringan Internet
dan Sistem Keamanan Web

KODIM 0709/KEBUMEN, Bertempat di ruang jatijajar komplek rumah dinas Bupati Kebumen diselenggarakan kegiatan pelatihan pengelola website tentang materi Pengenalan Perangkat Jaringan Internet dan Troubleshooting  Jaringan Internet dan Materi Keamanan Website konsentrasi di Keamanan Jaringan dan Internet oleh Basuki Nugroho Susanto dan Danang Setiyawan dari Dinas Kominfo Kab. Kebumen yang diikuti oleh seluruh OPD, Kodim 0709, Organisasi dan instansi di lingkungan Pemkab Kebumen. Selasa (6/8/19).

Kegiatan yang dibuka Kasi Pengelolaan Data, Statistik dan Integrasi Sistem Informasi Ibu Triana Cahyawati, S.Kom mengatakan, “Materi keamanan web guna menghindari ada kendala-kendala agar tidak mudah dimasuki hacker. Jaringan pun perlu mendapat perhatian keamanan dengan harapan para pengelola web bisa mengatasi trobelnya sendiri yang bersifat ringan. Sehingga kemandirian para pengelola Web diperlukan dengan selalu update web dan update anti virus guna menghindari celah masuknya hack.” Katanya.

Menurut Triana pada akhir tahun akan tetap diadakan penilaian pengelola web, hal ini untuk memacu semangat para pengelola web. “Bagi yang sudah bagus agar terus ditingkatkan dan dipertahankan namun bagi yang belum harap diupayakan semaksimal mungkin peningkatannya. Kita akan melihat sejauh mana para pengelola Web dalam mengolah data dan berita di OPD masing-masing.” terangnya.

Dalam kegiatan itu Diskominfo langsung menghadirkan dua narasumber. Basuki Nugroho Susanto dalam materinya mengupas tentang Pengenalan Perangkat Jaringan Internet dan Troubleshooting Jaringan Internet. Basuki menjelaskan, “Merupakan pencarian sumber masalah secara sistematis sehingga masalah tersebut dapat diselesaikan, dan proses penghilangan peyebab potensial dari sebuah masalah. Troubleshooting umumnya digunakan dalam berbagai bidang, seperti pada bidang komputer, administrasi sistem, dan juga bidang elektronika. Dalam dunia komputer, segala sesuatu yang berhubungan dengan komputer disebut Troubleshooting. Untuk permasalahan dengan Software sebaiknya dilakukan pendeteksian sederhana dahulu seperti pemeriksaan file-file yang terhubung dengan Software atau spesifikasi permintaan dari software. Apabila permasalahanya cukup rumit, sebaiknya instal ulang saja Software tersebut, karena akan terlalu rumit untuk memperbaiki sebuah Software.” jelas Basuki

Masih lanjut Basuki, “kita akan mengenal macam-macam perangkat keras yang digunakan sebagai jalur untuk menyatukan jaringan mulai dari Router+wifi, Wifiaccess point, Switch dan Adaptor semua perangkat ini perlu mendapatkan perawatan dan keamanan agar fungsi masing-masing alat tersebut tetap baik. Satu hal yang perlu menjadi perhatian adalah bagaimana kita akan bisa melacak jaringan tersebut melalui cek konfigurasi IP Address yakni dengan tekan tanda windows yang pada keyboard ples huruf “R” maka akan muncul kotak dialog lalu ketik “cmd” maka kita bisa cek kode angka. Dari situ kita bisa memulai mengecek apakah jaringan tersebut terhubung atau tidak.” ujar Basuki.

Pada penampilan pemateri ke dua tidak mau kalah Danang Setiyawan menjelaskan secara detil materi tentang Keamanan Website konsentrasi di Keamanan Jaringan dan Internet. Lebih jauh Danang menjelaskan terkait issue keamanan internet yang harus kita lakukan yakni tentang bagaimana kita bisa mengamankan dengan sudut pandang Mengamankan Server, Mengamankan Transportasi Informasi Dan Mengamankan Komputer User.

Menurut Danang, “Apa yang harus kita amankan ? yakni konsep pendekatan berlapis, meningkatkan deteksi resiko serangan dan mengurangi kesempatan berhasilnya serangan. Ada beberapa hal yang harus menjadi perhatian serius yakni tidak melakukan transaksi finansial pada internet jaringan public, selalu mengubah password secara berkala, jangan meninggalkan computer/website dalam keadaan aktif, gunakan jalur VPN untuk enkripsi jalur komunikasi data, tidak melakukan download pada website yang tidak dikenal, tidak melakukan instalasi softwere illegal seperti softwere crack, selalu menggunakan broses yang up-to-date, lakukan uptodate anti virus secara berkala dan banyak langkah lainnya dimana tindakan ini semua akhirnya tetap kita laporkan jika terjadi hal-hal yang mencurigakan terhadap website/aplikasi yang diakses.” Pungkasnya. (Pendim).

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *