Babinsa Kodim 0709/Kebumen Simulasi Bahaya Kebakaran

Babinsa Kodim 0709/Kebumen Simulasi Bahaya Kebakaran

KODIM 0709/KEBUMEN. Kepala Staf Kodim 0709/Kebumen Mayor Chb Dapotma Pandiangan, S.T memimpin langsung anggota Makodim untuk melaksanakan simulasi dan latihan pemadaman kebakaran, bertempat di lapangan Makodim 0709/Kebumen Jalan Merak No. 1 Panjer-Kebumen, Selasa (20/08/2019).

Kegiatan latihan  dan simulasi tanggap bencana kebakaran ini mengambil sasaran latihan, Makodim 0709/Kebumen guna meningkatkan kewaspadaan akan bahaya kebakaran serta langkah antisipasi terhadap kemungkinan buruk yang bisa saja terjadi baik pada jam dinas khususnya di luar jam dinas. Kegiatan pun berjalan dengan tertib, lancar dan aman.

Kepala Staf Kodim 0709/Kebumen (Kasdim) Mayor Chb Dapotma Pandiangan, S.T mengatakan,”Latihan dan simulasi ini memang wajib diadakan dan diperagakan agar anggota kita tahu teknis dan cara penanganannya sehingga apabila hal tersebut timbul maka kita sudah siap dan bisa mengambil langkah-langakah sesuai aturan yang diterapkan. Namun harapan kita hal tersebut tidaklah terjadi, ini hanya mengasah kemampuan para Babinsa dalam upayanya menunjang kinerja mereka di lapangan. Kegiatan simulasi dan latihan ini tidak sebatas para Babinsa saja yang terlibat namun semua anggota baik staf maupun koramil yang sudah disusun oleh Staf Operasi. ” katanya.

“Kegiatan ini lebih pada mengukur kesiapan para prajurit mana kala hal itu terjadi. Bencana ini yang pasti tidak kita inginkan yang dalam kegiatan ini sebagai simulasi ruangan yang terbakar adalah gudang arsip yang berada di ruang belakang Makodim. Sesuai skenario, api mampu dikuasai personil Kodim agar tidak menjalar kemana-mana, kemudian piket menghubungi Tim Damkar Kebumen dengan mengerahkan 2 unit armadanya. Dalam 5 menit api bisa dikuasai, kami pun segera mengumpulkan seluruh anggota di lapangan Makodim guna mengecek materiil dan personel, jelas Pasi Ops Kapten Inf Agus Sunarko.

Lanjut Agus. “Latihan ini merupakan salah satu bentuk kesiapsiagaan satuan dalam menjaga meteriil yang dipertanggungjawabkan. Melalui kegiatan ini kami berharap bisa memberikan gambaran kepada para prajurit agar tetap waspada apalagi saat ini musim kemarau rawan akan bahaya itu.” ungkap Pasi Ops.

Selaku koordinator lapangan pada latihan simulasi kali ini Pasi Ops Kapten Inf Agus Sunarko menyampaikan, bahwa semua anggota yang terlibat sudah melalui beberapa pentahapan, mulai briefing dan pembagian tugas personel sesuai tugasnya masing-masing termasuk ada yang sebagai tim evakuasi personil serta dokumen, tim penyingkir dan tim blokade.

Harapan kami kedepan melalui simulasi ini akan dapat menciptakan rasa aman bagi masyarakat. Semua bisa bersinergi dan berkoordinasi satu dengan yang lain, apabila ada bahaya kebakaran bisa kita tangani sedini mungkin. Seluruh personil harus tahu secara teori dahulu, ketika teori sudah paham, maka praktek di lapangan akan menjadi lebih mudah bagi mereka. Kurangnya keperdulian terhadap teori ini maka akan fatal akibatnya. Pengendalian emosi saat penanganan bencana apapun tidak saja bahaya kebakaran ini, kita harus tenang namun pasti sehingga tidak muncul keragu-raguan dalam bertindak. (Pendim).

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *