Babinsa Koramil 07/Sadang Bantu Jamban Sehat Warga

Babinsa Koramil 07/Sadang Bantu Jamban Sehat Warga

KODIM 0709/KEBUMEN, Peltu Sugiyatman Babinsa Koramil 07/Sadang bersama-sama masyarakat melaksanakan kegiatan pembuatan jamban sehat di Desa Seboro  Kec Sadang Kab. Kebumen. Jumat (30/8/2019).

Hal ini dilakukan sebagai wujud kepedulian Koramil 07/Sadang terhadap kondisi wilayah binaan yang rata-rata keluarga belum memiliki jamban sesuai standart kesehatan, sehingga menggugah nurani Babinsa untuk membantu membuatkan jamban sehat tersebut. Dalam kegiatan tersebut, Babinsa Pelda Sugiyatman memberikan bantuan dengan menggunakan peralatan yang sederhana mulai dari cangkung, linggis, hingga alat pertukangan ia gunakan untuk proses pembuatan jamban sehat itu.

“Saya lakukan hal ini demi warga untuk memiliki jamban sehat, hal ini tergugah manakala saya menyaksikan masih ada sebagian masyarakat yang belum memiliki tempat BAB yang sesuai kriteria dan standart kesehatan. Untuk itu saya mengajak Kades dan perangkat desa untuk mendata dan sekaligus membuatkan jamban sehat di lingkungan Desa Seboro ini.” ucap Sugiyatman.

Sementara itu ada sekitar 20 kepla keluarga yang mendapat bantuan jamban tersebut berupa material yakni di Dukuh Geyong sebanyak 127 unit kloset, semen 100 zak dan bata merah sebanyak 5.000 batang. Sementara itu bukan saja bentuk material yang diterima warga, ada juga yang berupa  finansial dengan alokasi bantuan uang sebanyak 120 juta, diantaranya dari Baznas provinsi 100 juta dan Baznas Kebumen 20 juta.

Pelda Sugiyatman yang tiba dilokasi langsung mengajak warga untuk melakukan kegiatan karya bakti jambanisasi dengan terlebih dahulu membuat lubang septitank dengan kedalaman hingga ukuran 3 meter dan lebar 2 meter yang dibuat dua sekat. Menurut Sugiyatman, tujuan dibuatnya sekat tadi untuk pembagian limbah kotoran agar septitank tidak cepat penuh. (Pendim).

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *