Tanam Mikongga Menguntungkan Petani

Tanam Mikongga Menguntungkan Petani

KODIM 0709/KEBUMEN, Danramil 08/Alian Kapten Cba Hari Supriyanto didampingi Babinsa Pelda Joko Budi Martono dan PPL wilayah Kec. Alian melaksanakan pendampingan pertanian dalam rangka panen perdana bersama Gapoktan Karya Makmur di Desa Tanuharjo Kec. Alian Kab. Kebumen, Kamis (1/8/19).

Lahan seluas 40 ubin milik anggota Gapoktan BP. Sukandar yang ditanami padi jenis varietas Mikongga dengan hasil 7 kwintal. Hasil ini cukup membangga Sukandar yang ia garap selama ini menghasilkan bulir padi cukup menggembirakan.

“Ini berkat bimbingan dari PPL dan Babinsa yang setia memberikan pendampingan kepada lahan kami, hasilnya cukup lumayan. Tahun lalu paling hanya 6 kwintal lebih dikit. Namun berkat saran dari PPL dan Babinsa untuk sistem tanam dengan menggunakan jajar logawa maka hasilnya pun cukup bagus. Buliran padi gede-gede dan lebat sehingga mempengaruhi berat timbangan.” ucap Sukandar.

Menurut Babinsa Pelda Joko BM saat pelaksanaan panen menyampaikan, bahwa program pengembangan penanaman padi jenis mikongga di Tanuharjo merupakan program optimasi lahan  tahun 2019. Diutarakan, setelah  dilakukan uji petik ternyata  rata-rata dalam setiap hektarnya menghasilkan  butiran padi kering panen  10,3 ton.  Keunggulan padi mikongga lanjutnya  selain tingkat produksi tinggi, tanaman kokoh dan tahan roboh tahan penyakit dan tekstur nasinya pulen.

Ketua Kelompok Karya Makmur Desa Tanuharjo Rohmat  menuturkan petani merasa terbantukan dengan dilaksanakannya, program pengembangan  penanaman padi benih unggul mikongga. Selama ini petani hanya menanam padi  jenis lokal yang produksinya rata-rata berkisar antara 5-6 ton gabah kering panen per hektar. Namun dengan menanam mikongga berpeluang produksinya mencapai 10,3 ton sehingga petani bisa menikmati keuntungan.

Seusai melakukan  panen padi,  Danramil 08/Alian Kapten Cba Hari Supriyanto bersama PPL didampingi Babinsa melanjutkan kegiatan ke Desa Sawangan. Kegiatan yang dilaksanakan melihat pembuatan jalan rabat beton yang dikerjakan warga desa setempat dan sejumlah anggota Kodim. (Pendim0709).

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *