Babinsa Cek Irigasi, Pastikan Kondisi Irigasi Layak Guna

Babinsa Cek Irigasi, Pastikan Kondisi Irigasi Layak Guna

KODIM 0709/KEBUMEN. Babinsa Pringtutul Kopda Joko Kuswanto Bersama PPL Pertanian wilayah Rowokele, Ketua Gapoktan Sri Bakti Jaya dan petugas pengairan Desa Pringtutul melaksanakan pengecekan saluran irigasi di wilayah area lahan Gapoktan Sibakti Jaya Desa Pringtutul Kec Rowokele. Senin (16/09/19).

Giat pengecekan irigasi merupakan bagian dari tugas pendampingan pertanian yang dilakukan Babinsa Koramil 21/Rowokele sebagai upaya khusus (Upsus). Dalam pendampingan pertanian Babinsa bertanggungjawab semua kegiatan pertanian, sehingga petani dalam melakukan musim tanam yang akan datang tidak terhambat, hal inilah yang dilaksanakan saat melakukan pengecekan saluran irigasi. Selain itu juga dalam rangka mendukung program pemerintah tentang ketahanan pangan agar bisa terlaksana dengan baik.

“Ini Kami lakukan bersama-sama para anggota PPL dan Gapoktan yang tujuannya untuk memastikan apakah saluran yang ada saat ini masih bisa berfungsi secara baik atau tidak. Melalui kegiatan ini kita bisa mendata dan melaporkannya kepada Distapang Kab. Kebumen sebagai bahan usulan perbaikan jika ada kerusakan, namun jika kondisinya baik-baik saja maka akan kita lakukan dengan cara merawat saluran melalui kerja bakti yang melibatkan semua unsur mulai Gapoktan, Poktan dan masyarakat itu sendiri. Inilah pentingnya kita adakan peninjauan di lapangan supaya kita lebih tahu secara nyata kendala yang dihadapi dunia pertanian. ungkap Babinsa Pringtutul Kopda Joko Kuswanto.

Bersama PPL Pertanian dan petani dilakukan terus pengecekan untuk mengetahui fungsi dan kondisi pintu air dan saluran-saluran irigasi lainnya sehingga fungsi dari pada sarana irigasi ini bisa dipastikan masih baik dan layak untuk dirawat. Upaya normalisasi saluran irigasi secara manual ini telah dilakukan Babinsa untuk memperlancar aliran air ke pesawahan warga yang berjalan dengan baik pada saatnya nanti digunakan. (Pendim).

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *