Babinsa Dampingi Petani Olah Lahan Pertanian MT 3

Babinsa Dampingi Petani Olah Lahan Pertanian MT 3

KODIM 0709/KEBUMEN, Dalam rangka mensukseskan program swasembada pangan nasional, Babinsa Desa Jladri, anggota Koramil 20/Buayan Serka Priyanto tinjau sawah dan membantu kelompok tani Sedyo Makaryo, di Desa Jladri Kecamatan Buayan Kabupaten Kebumen, Sabtu (31/8/2019).

“Tujuan kegiatan ini sebagai bentuk nyata keseriusan para Babinsa dalam melakukan pendampingan sebagai upaya khusus dibidang pertanian kepada para petani di wilayah guna mempercepat proses tanam MT 3 yang kini para petani tengah tanam kacang ijo sebagai bentuk peningkatan produktivitas hasil pertanian.” ujar Serka Priyanto.

Babinsa Jladri juga menyampaikan, “bahwa proses olah lahan dengan menggunakan traktor akan lebih mempercepat pekerjaannya namun terkait musim kemarau ini maka alat tersebut tidak mungkin digunakan petani. Selain itu musim kemarau ini cukup membuat gelisah para petani, tanah menjadi keras dan pecah dimana-mana, saya khawatir kalau tanaman kacang ijo tidak bisa tumbuh dengan baik. Namun berkat inisiatif petani maka sesekali kita bisa siram tanaman itu namun sebatas menyiram agar tanaman kacang ijo tidak mati dan jika terlampau banyak air pun kacang ijo tersebut tidak bisa tumbuh dengan baik.”ujar Priyanto.

Baimun (55) merasa optimis dan yakin dengan pendampingan Babinsa dalam tanam palawija kali ini, ia pun berpendapat, “tanaman tetap akan kita  rawat secara maksimal dan benar serta perawatan tanaman yang teratur, niscaya ketahanan pangan nasional bakal dapat kita wujudkan,” tuturnya. (Pendim)

 

 

 

 

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *