Babinsa Koramil 10/Prembun Semprot Tanaman Kedelai

Babinsa Koramil 10/Prembun Semprot Tanaman Kedelai

KODIM 0709/KEBUMEN. Babinsa Koramil 10/Prembun Sertu Rebino melaksanakan pendampingan pertanian dalam rangka penyemprotan tanaman kedelai di Desa Kabuaran Kec.  Prembun Kab.Kebumen. Minggu (08/09/19).

Kali ini para poktan Desa Kabuaran kec.  Prembun melakukan penyemprotan terhadap hama ulet yang terdapat pada daun tanaman kedelai dengan menggunakan obat insektisida dengan tujuan agar ulat mati dan tanaman menghasilkan kedelai yang bagus.

Menurut petugas PPL  Warso, “penyemprotan hama ulat ini menggunakan dosis yang disesuaikan sehingga mampu membasmi ulat yang menempel pada tanaman kedelai. Ulat jenis grayak (Prodenia litura) menyerang secara mendadak dan dalam jumlah besar, bermula dari kupu-kupu berwarna keabu-abuan, yang panjangnya hanya  2 cm dan sayapnya 3-5 cm, bertelur dipermukaan daun. Tiap kelompok telur terdiri dari 350 butir. Gejala yang akn dialami tumbuhan ini ialah kerusakan pada daun, ulat hidup bergerombol, memakan daun, dan berpencar mencari rumpun lain. Selain kita berikan semprotan cara untuk pengendalian juga kita terapkan dengan cara sanitasi, penyemprotan juga kami lakukan pada sore hari (saat ulat menyerang tanaman) beberapa insektisida yang efektif seperti Dursban 20 EC, Azodrin 15 WSC dan Basudin 50 EC.” ujar Warso.

Pada kesempatan yang sama, pemilik lahan Ibu Siti Sunarsih mengucapkan terima kasih kepada Koramil yang telah bersedia mendampingi pada giat penyemprotan, sehingga petani khususnya di wilayah Prembun menjadi tambah semangat dan berharap dengan kehadiran Babinsa serta PPL ditengah-tengah petani akan bisa membawa perubahan hasil panen. Pada akhirnya dapat mendukung ketersediaan kedelai dalam negeri dapat tercukupi dan swasembada pangan nasional terwujud.” ujarnya. (Pendim).

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *