Cegah Kebakaran Hutan dan Lahan, Perhutani, Koramil dan Polsek Beri Peringatan

Cegah Kebakaran Hutan dan Lahan, Perhutani, Koramil dan Polsek Beri Peringatan

KODIM 0709/KEBUMEN, Dalam rangka mengantisipasi kebakaran hutan, lahan dan semak belukar di musim kemarau, Dinas Perhutani Kec. Karanganyar bersama anggota Koramil Karanganyar dan Polsek Karanganyar, melakukan sosialisasi dan himbauan kepada warga untuk menumbuhkan kepedulian terhadap alam dan lingkungan sekitar dari bahaya kebakaran yang sewaktu-waktu bisa terjadi, Selasa (17/09/2019).

Langkah ini diambil untuk meminimalisir kerugian negara akibat kebakaran hutan, Salah satunya dengan memasang spanduk larangan membuat bakar-bakaran di sekitar hutan, lahan dan semak belukar di sejumlah titik terutama di Dukuh Pringamba Desa Pohkumbang Kec. Karanganyar yang masuk wilayah KPH Kedu Selatan.

Usai memberikan sosialisasi kepada warga, Tim gabungan juga meninjau kondisi hutasn sambil membentangkan sepanduk tentang larangan aktifitas membakar sampah didekat area hutan negara. Kegiatan dilanjutkan dengan melaksanakan patroli gabungan Perhutani, Koramil dan Polsek Karanganyar. Turut ikut dalam kegiatan tersebut Kapolsek Karanganyar AKP Mawakhir, SH, Serda Heru Babinsa Pohkumbang anggota Koramil 04/Karanganyar, Kades Pohkumbang, Asper Perhutani Ari Kurniawan dan Perhutani/Mandor Hutan Suhari.

Asper Perhutani Ari Kurniawan mengatakan, “kegiatan pemasangan spanduk atau banner ini merupakan upaya yang dilakukan oleh Perhutani bersama instansi terkait untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan khususnya di wilayah Karanganyar. Perhutani akan selalu berkoordinasi dengan Polsek dan Koramil untuk melakukan pencegahan melalui pemasangan banner atau spanduk ini. Kerjasama ini terus kami lakukan untuk memberikan himbauan pada masyarakat, dan masyarakat dapat memahami apa yang menjadi atensi pemerintah,” ujarnya. 

Serda Heru Suyana pada kegiatan yang sama juga mengatakan “Kami ingin masyarakat dapat berperan aktif guna melakukan pencegahan karhutla, makanya kami selalu memberikan penekanan kepada warga agar tidak membakar lahan karena sekarang musim kemarau dyang rawan dengan terjadinya kebakaran. Pencegahan kebakaran hutan dan lahan ini adalah tanggung jawab kita bersama, tentu saja dibutuhkan kerja sama pemerintah, TNI, Polri, dan masyarakat untuk berperan aktif dalam mencegah terjadinya kebakaran hutan, lahan, dan semak belukar ini,” tandasnya. (Pendim).

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *