Kasdim 0709/Kebumen Berikan Pengarahan Deradikalisasi

    Kasdim 0709/Kebumen Berikan Pengarahan Deradikalisasi

    KODIM 0709/KEBUMEN, Kepala Staf Kodim 0709/Kebumen (Kasdim) Mayor Chb Dapotma Pandiangan, S.T yang didampingi Pasiter Kodim 0709/Kebumen Kapten Inf Bambang Muldianto dan sejumlah anggota Koramil 16/Petanahan memberikan pembekalan materi Deradikalisasi kepada sejumlah anggota Pramuka Penegak Putra dan Putri tingkat SLTA sederajat dalam rangka Kemah Jambore Kwartir Ranting (Kwarran) Petanahan di Desa Grogolbeningsari Kec. Petanahan Kab. Kebumen, Senin malam (2/9/19).

    Siswa sebanyak 80 orang dari perwakilan enam sekolah di wilayah Kec. Petanahan itu, nampak penuh antusias mendengarkan pemaparan yang disampaikan Kasdim secara detil dan seksama, hingga menimbulkan berbagai pertanyaan para peserta pembekalan saat itu. Suasana penyajian materi lebih hidup ketika beberapa siswa berani maju mengulas apa yang dijelaskan Kasdim 0709/Kebumen pada mereka. Disinilah terjadi interaksi antara dua belah pihak sehingga suasana ruangan saat itu tidak terjadi kevacuman.

    Dalam kesempatan itu Kasdim mengatakan, “Tujuan dari deradikalisasi ini adalah untuk mengembalikan para aktor terlibat yang memiliki pemahaman radikal untuk kembali kejalan pemikiran yang lebih moderat. Terorisme telah menjadi permasalahan serius bagi dunia internasional karena setiap saat akan membahayakan keamanan nasional bagi negara maka dari itu program deradikalisasi dibutuhkan sebagai formula penanggulangan dan pencegahan pemahaman radikal seperti terorisme.” terangnya.

    Tanya jawab antara Kasdim 0709/Kbm dengan para peserta pun berlangsung cukup partisipatif, sebagai narasumber tentang Pendidikan Deradikalisasi Kasdim berpesan kepada para siswa, “Tetap waspada dan hati-hati, pelajari agama secara totalitas dan tidak dilakukan setengah-setengah karena ini merupakan benteng bagi keimanan kita supaya tidak mudah dipengaruhi oleh faham-faham yang akan menjerumuskan kepada arah yang radikal.” ucap Kasdim. Ia juga mengigatkan agar kita tidak bersikap masa bodoh dan apatis serta tetap peka terhadap perkembangan lingkungan yang dinilai mencurigakan. “Peduli lingkungan dan laporkan kepada yang berwajib sehingga cepat diambil langkah-langkah antisipasi.” imbuhnya.

    Dalam waktu bersamaan secara terpisah Basiter Kodim 0709/Kebumen Serka Supardi juga memberikan pembekalan kepada 120 siswa penggalang SD putri menyaksikan pemutaran film perjuangan yang disertai penjelasan lintas sejarah perjuangan bangsa. Kali ini Serka Supardi menyajikan tentang awal pendudukan Jepang atas Indonesia. Nampak antusias siswa dalam kegiatan itu dengan merangkum setiap yang disajikan Supardi. (Pendim).

    Bagikan

    Mungkin Anda juga menyukai

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *