Koramil 16/Petanahan Gandeng Kwarran Gelar Kemah Bakti

    Koramil 16/Petanahan Gandeng Kwarran Gelar Kemah Bakti

    KODIM 0709/KEBUMEN, Bati Tuud Koramil 16/Petanahan Peltu Panggih Sujiatmoko bersama Gerakan Pramuka Kwartir Ranting (Kwarran) Petanahan menggelar kegiatan Jambore Ranting, Lomba Tingkat II dan Kemah Bakti Pramuka 2019 se wilayah Kecamatan Petanahan yang diikuti oleh 46 Pramuka Penggalang SD/MI, 9 Pramuka Penggalang SMP dan 4 Pramuka Penegak SMA/MA dengan melibatkan 180 Guru Pembimbing dan 900 peserta jambore yang ikut memeriahkan kemah bakti tersebut. Rabu (4/9/19).

    Jambore Ranting yang dibuka Wakil Bupati Kebumen H. Arif Sugiyanto, S.H itu berlangsung hikmat dan meriah dengan ditandai penerbangan balon ke udara dan pemukulan Gong. Hadir dalam acara itu Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekretaris Daerah Drs Heri Setyanto, Kadisdik Amirudin, Camat Petanahan Ibu Kuntarti dan Danramil 16/Petanahan diwakili Peltu Panggih Sujiatmoko.

    Ketua Kwarran Petanahan Suratman, mengatakan. “Jambore Ranting, Lomba Tingkat II dan Kemah Bakti merupakan momentum yang tepat untuk menanamkan jiwa kemandirian anak sejak dini, berjiwa ksatria dan patriotik serta berdedikasi tinggi. Melalui Jambore ini juga sebagai sarana silaturahmi antara guru dan siswa se Kecamatan Petanahan. Jambore, Ranting, Lomba Tingkat ll dan Kemah Bakti sendiri merupakan salah satu aplikasi lapangan pada bidang kepramukaan.

    Dimana kegiatan ini dikemas dalam sebuah perkemahan, sehingga para
    peserta didik dapat belajar berpetualang, menjelajah alam, mengamati lingkungan, bermain sambil belajar, bakti sosial masyarakat dan belajar kemandirian dalam kontek  menyiapkan segala kebutuhan hidup sehari-hari selama dalam perkemahan.

    Yang menjadi titik berat sasaran pencapaian dalam Jambore kali ini ialah pengembangan diri para peserta kemah baik dari segi mental, fisik, intelektual, sosial dan budaya yang dilakukan secara perorangan maupun kelompok.’ jelasnya.

    Bati Tuud Koramil 16/Petanahan Peltu Panggih. S, merasa sangat bangga atas penyelenggaraan Kemah Bakti ini. Harapannya kedepan terus dikembangkan sebagai bentuk kegiatan positif yang harus terus dikembangkan di Kecamatan lain di Kebumen.

    “Harapannya ke depan, anak–anak bisa beradaptasi dengan lingkungan luar sekolah sekaligus melalui kegiatan ini akan mampu menyingkirkan mereka dari kebiasaan bermain Gadget yang bersifat egois dan tidak peduli teman sekitarnya. Dengan begitu Kemah ini bisa sebagai solusi terhadap peran pecandu Gadget, minimal mampu mengurangi kebiasaan tersebut.

    Dengan kreatifitas diharapkan mereka terus berkembang dan bisa bersaing dengan wilayah lain, “saya yakin kedepan Kebumen akan semakin maju dan sejahtera,” ujar Panggih (Pendim)

     

     

     

    Mungkin Anda juga menyukai

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *