Koramil dan Puskesmas Alian Manfaatkan Momentum Pelayanan KB Serentak

Koramil dan Puskesmas Alian Manfaatkan Momentum Pelayanan KB Serentak

KODIM 0709/KEBUMEN. Danramil 08/Alian Kapten Cba Hari Supriyanto beserta anggota dan Persit KCK ranting 09/Alian serta Ketua Koorlap PPKB Kesehatan Kec. Alian melaksanakan kegiatan pelayanan KB  Kes serentak dalam rangka peringatan HUT TNI ke 74 dan HUT ke 69 Kodam IV/Diponegoro tahun 2019 bertempat di Puskesmas Alian. Selasa (24/09/19).

Danramil 08/Alian Kapten Cba Hari Supriyanto mengatakan, kegiatan Program ini bertujuan untuk memelihara kesinambungan kerjasama dalam upaya mewujudkan kesejahteraan masyarakat sebagai basis ketahanan nasional. Program Bakti Sosial TNI Manunggal KB – Kes ini merupakan suatu program dan kegiatan TNI bersama instansi pemerintah dan masyarakat.

Tujuan awal program KB adalah, membentuk keluarga kecil sesuai dengan kekutan sosial ekonomi suatu keluarga dengan cara pengaturan kelahiran anak, agar diperoleh suatu keluarga bahagia dan sejahtera yang dapat memenuhi kebutuhan hidupnya. Disamping itu, KB juga bertujuan sebagai pengaturan kelahiran, pendewasaan usia perkawinan, peningkatan ketahanan dan kesejahteraan keluarga.

Laju pertumbuhan penduduk yang cukup pesat dalam ranah demografi sebenarnya Kec. Alian telah berada dijalur yang benar, sehingga hanya tinggal melakukan pembinaan yang intensif terhadap keberadaan peserta KB aktif agar tidak mengalami Drop Out (DO). termasuk mengintensifkan gerakan pelayanan KB pria (MOP) di Kec. Alian khususnya.

Untuk itu, saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang berpartisipasi dalam program percepatan pelaksanaan KB Kesehatan ini. melalui kegiatan ini mari kita gelorakan kembali spirit gerakan KB. Sebuah spirit yang dipercaya bahwa dua anak cukup.

Ber KB bukan saja meringankan beban keuangan keluarga. namun juga merupakan sebuah tindakan yang sungguh mulia, yaitu sebuah tindakan untuk ikut bertanggungjawab atas masa depan keberlangsungan bumi tempat kita semua berpijak. Program KB, bukan sekedar menunda usia perkawinan dan mengatur kelahiran semata tetapi secara hakiki mewujudkan kesejahteraan masyarakat agar mereka selalu hidup rukun, damai dan penuh kasih sayang.

Sementara pelayanan KB Kes berlangsung di Puskesmas Alian. Kegiatan ini diikuti sekitar 44 orang terdiri anggota Koramil 08/Alian dengan didampingi oleh Serka Saterjan dan Sertu Nano Sakti, baik prajurit serta masyarakat sekitar. Menurut Danramil 08/Alian Kapten Cba Hari Supriyanto, acara ini digelar untuk membantu masyarakat mendapat fasilitas kesehatan dan pelayanan KB secara gratis sehingga bisa beraktivitas dengan baik. Jenis KB yang dilayani yaitu Implant dengan jumlah 45 orang dan IUD jumlah 7 orang. (Pendim).

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *