Babinsa Bangun Tanggul Penahan Sungai, Ciptakan Lingkungan Bebas Banjir

Babinsa Bangun Tanggul Penahan Sungai, Ciptakan Lingkungan Bebas Banjir

KODIM 0709/KEBUMEN. Babinsa  Koramil 08/Alian Kopda Suyitno dibantu masyarakat melaksanakan kegiatan kerja bakti pembuatan tanggul sungai gedung bener sepanjang 100 meter. Langkah ini sebagai bentuk kegiatan antisipasi jelang musim hujan. Tanggul yang sudah ada kini dibuat tebal dengan penataan batu gunung yang difokuskan di lingkungan RT 02 RW 02 Desa Bojongsari Kec. Alian Kab. Kebumen. Rabu (23/10/19).

Masyarakat yang dipimpin langsung Kadus setempat Azis melibatkan sedikitnya 115 orang warganya dalam menyelesaikan pembuatan tanggul batu tersebut. Lelaki yang akrab dipanggil Azis itu mengatakan, “kerja bakti ini sebagai upaya masyarakat dalam mengantisipasi terjadinya kerusakan tanggul saat musim hujan tiba. Luapan air kiriman dari wilayah Kecamatan Padureso selama ini sering meluap hingga merusak tanggul yang sekarang ada. Dengan kita buat tanggul batu ini, harapannya hal itu tidak lagi terjadi, “ ujar Azis.

Lanjut Azis. “Saya ingin nanti hasilnya lebih kuat, maka tanggul ini kita rangkap dengan penataan batu gunung dengan ketebalan 60 cm. Saya yakin melalui penataan tanggul batu ini, kedepan tanggul akan menjadi aman dan tidak mudah rusak.” imbuh Azis.

Tanggul sepanjang 100 meter itu dikerjakan masyarakat secara swadaya, hal itu merupakan kesepatan bersama mengingat pentingnya tanggul yang kuat maka pemukiman mereka pun akan aman dari luapan sungai. Babinsa Koramil 08/Alian yang telah berkontribusi memberikan solusi penahan tanggul disamping baik warga setempat dan warga mengucapkan rasa terimakasihnya akan ide tersebut. (Pendim).

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *