BPBD Sinergitas Program TMMD Reguler 106 Kodim Kebumen

BPBD Sinergitas Program TMMD Reguler 106 Kodim Kebumen

KODIM 0709/KEBUMEN. Kolaborasi kegiatan pembentukan desa siaga dengan program TMMD regular ke 106 Kodim 0709/Kebumen dibentuk BPBD Kab. Kebumen. Hal ini disusun guna membina kader-kader pemuda Desa Rahayu untuk diberikan pembekalan pengetahuan terkait kebencanaan, selain itu para Kader nantinya bisa mengaplikasikan kemampuan dalam kegiatan mitigasi bencana sekaligus mensosialisasikan kepada masyarakat luas Desa Rahayu Kec. Padureso Kab. Kebumen. Rabu (23/10/19).

Hal itu dijelaskan Kepala BPBD Drs. Eko Widianto saat membuka acara pembekalan pelatihan peningktan kemampuan mitigasi bencana dan penyiapan desa siaga bencana. Lebih lanjut Eko Widianto mengatakan, kegiatan pembentukan desa siaga ini kita berkolaborasi dengan program TMMD Reguler ke 106 Kodim 0709/Kebumen. Menurut Eko jalan yang dibangun oleh Satgas TMMD sepanjang 673 meter itu bisa kita gunakan sebagai jalur evakuasi. Selain jalan yang sudah dikerjakan TNI bersama masyarakat, Eko juga mengatakan, Jembatan yang selesai dibangun TNI dan Warga juga bisa menghubungkan dua desa yakni Desa Rahayu dan Desa Sidototo sehingga bisa kita digunakan untuk jalur evakuasi warga.

Sementara itu, lapangan yang sudah selesai 100 persen nantinya akan kita gunakan untuk pelaksanaan apel kesiapsiagaan dan area pengungsi, karena posisinya yang cukup aman dan strategi dalam mengamankan pengungsi. Begitu dikatakan Eko saat memberikan skenario latihan desa tanggap bencana.

Dipilihnya Desa Rahayu sebagai desa tanggap bencana, karena posisinya yang dekat dengan waduk Wadaslintang. Sehingga sangat relevan dengan tema latihan yakni mengatasi bencana banjir akibat jebolnya tanggul waduk. (Pendim)

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *