Danramil 08/Alian Hadiri Sosialisasi Pembentukan Desa Tangguh Bencana

Danramil 08/Alian Hadiri Sosialisasi Pembentukan Desa Tangguh Bencana

KODIM 0709/KEBUMEN.  Bertempat di Balai Desa Krakal Kec. Alian Kab. Kebumen Danramil 08/Alian Kapten Cba Hari Supriyanto menghadiri rapat sosialisasi pembentukan desa tangguh bencana (Destana) bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kebumen, Selasa (29/10/19) pukul 09.00 Wib.

Hadir pada kesempatan itu Camat Alian, Kapolsek Alian, Kepala BPBD Kab. Kebumen Drs. Eko Widianto, Kades Krakal dan Sejumlah Tokoh Masyarakat, Lembaga Desa serta Ibu-ibu PKK desa setempat.

Danramil 08/Alian Kapten Cba Hari Supriyanto dalam sosialisasinya memaparkan kondisi geografis wilayah Alian secara umum dilihat dari sisi kerawanan bencana yang kemungkinan terjadi, sekaligus Danramil menyampaikan kewajiban masyarakat dalam menghadapi situasi bencana tersebut, sehingga masyarakat memiliki ketanggapsegeraan dan peningkatan kewaspadaan bersikap dan bertindak.

Usai kegiatan saat dikonfirmasi, Danramil dan jajaran Forkopimcam lainnya sangat mendukung dengan adanya pembentukan desa tangguh bencana ini, “sosialisasi  tersebut sangat diperlukan bagi masyarakat agar masyarakat paham terhadap kondisi wilayahnya.” Ujar Kapten Hari. Dikatakan Hari, yang harus menjadi perhatian kita adalah, masyarakat wajib meningkatkan kesadaran, kemampuan dan ketrampilan ketika terjadi bencana.

Danramil juga menegaskan, pembentukan desa tangguh bencana akan melahirkan relawan-relawan terlatih yang bersumber dari masyarakat setempat, dengan demikian maka akan mempercepat langkah-langkah responsif yang diperlukan, mempercepat reaksi ketanggap segeraan,  tidak lagi menunggu tim relawan dari BPBD dan TNI yang memerlukan waktu pergeseran personel, jika dibutuhkan segera, imbuh Danramil. (Pendim).

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *