Dansatgas TMMD Gelar Festival Tumpengan Se Kab. Kebumen

    Dansatgas TMMD Gelar Festival Tumpengan Se Kab. Kebumen

    KODIM 0709/KEBUMEN. Dalam rangka memeriahkan upacara pembukaan TMMD Reguler ke 106 Kodim 0709/Kebumen yang digelar di Desa Rahayu Kec. Padureso Kab. Kebumen, Rabu (2/10/19), digelar festival tumpengan yang diikuti 26 Kecamatan se Kab. Kebumen.

    Wakil Bupati Kebumen H. Arif Sugiyantp, S.H yang didampingi Dansatgas TMMD Rahayu Letkol Inf Zamril Philiang dan Kasiter Korem 072/Pmk Kolonel Inf Hari Santoso, S.Sos, Kapolres AKBP. Rudi Cahya Kurniawan, M.Si, Ketua DPRD Kab. Kebumen H. Sarimun, S.Sy dan sejumlah pejabat dilingkungan TNI dan Sipil meninjau pameran festival tumpengan yang berada tidak jauh dari tribun kehormatan Wakil Bupati.

    Koordinator festival tumpengan Danramil 02/Gombong Kapten Inf Ali Kuntara saat dikunjungi mengatakan,”Pameran tumpengan yang diikuti oleh 26 kecamatan se Kab. Kebumen itu sebagai bentuk loyalitas OPD Kecamatan saat pembukaan berlangsung. Selain itu tumpengan ini menjadi sebuah lambang kemakmuran bagi masyarakat Desa Rahayu.” ujar Ali.

    Pada kesempatan itu, Wakil Bupati Kebumen Arif Sugiyanto, berkenan memotong salah satu tumpeng sebagai simbol rasa syukur atas nikmat yang dicurahkan kepada warga Kebumen khusunya warga Desa Rahayu.

    Filosofi dan falsafah tumpeng adalah lambang gunungan yang bersifat awal dan akhir. Tumpeng juga mencerminkan manifestasi simbol sifat alam dan manusia yang berawal dari Tuhan dan kembali kepada Tuhan. Nasi berbentuk kerucut ini pun menjulang ke atas, sebagai bentuk yang menggambarkan tangan manusia merapat dan menyatu menyembah Allah SWT. Tumpeng juga menyimpan harapan agar kesejahteraan maupun kesuksesan semakin meningkat. Makna tersebut sesuai dengan filosofi Jawa Mikul dhuwur mendhem jero, yang bermakna agar orang yang lebih muda harus memperlakukan orangtua, pemimpin, sesepuh dengan baik. (Pendim).

    Bagikan

    Mungkin Anda juga menyukai

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *