Kodim 0709/Kebumen Gelar Upacara Peringatan HUT ke 74 TNI

Kodim 0709/Kebumen Gelar Upacara Peringatan HUT ke 74 TNI

KODIM 0709/KEBUMEN. Upacara peringatan HUT ke-74 TNI digelar di Prajurit Kodim 0709/Kebumen dengan inspektur upacara Danramil 20/Buayan Kapten Czi Paulus Souhuwat. Sabtu (05/10/19).

Upacara berlangsung cukup hikmat. Hal ini didorong rasa bangga selaku anggota TNI yang hari ini berusia 74 tahun. Usia yang kalu takaran manusia tidaklah lagi muda dan cukup matang untuk tetap mengawal tetap tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia yang kita cintai bersama ini.

Dalam amanat Panglima TNI yang dibacakan Inspektur upacara Kapten Czi Paulus Souhuwat, mengatakan. “ Saya bangga kepada seluruh Prajurit dan PNS TNI yang telah menunjukkan profesionalitasnya, dalam melaksanakan setiap tugas yang telah dipercayakan rakyat, bangsa dan negara. Saya yakin keluarga dan seluruh rakyat Indonesia juga bangga terhadap profesionalitas TNI-nya. Hal itu harus disyukuri sekaligus menjadi cambuk bagi kita semua untuk berbuat lebih baik lagi. Oleh karena  itulah, tema pokok pada kegiatan HUT ke-74 ini adalah “TNI Profesional Kebanggaan Rakyat”.

Sebagai alat negara, tugas TNI tidak terlepas dari perubahan lingkungan strategis yang berkembang dinamis dan semakin kompleks. Perkembangan dunia telah menciptakan dimensi dan metode peperangan baru. Kemajuan teknologi yang sangat berguna bagi kehidupan manusia, juga membawa dampak disruptif di berbagai bidang.

Menghadapi kompleksitas ancaman di atas, diperlukan Postur TNI ideal yang dibangun sesuai kebijakan pertahanan negara dan disusun dengan memperhatikan kondisi geografis Indonesia sebagai negara kepulauan. Pembangunan Postur TNI meliputi pembangunan kekuatan, pembinaan kemampuan dan gelar kekuatan TNI.

Untuk itu, saya akan memberikan penekanan kepada seluruh prajurit dan PNS TNI dimanapun berada dan bertugas, untuk dipedomani dan dilaksanakan, sebagai berikut :

Pertama, perkokoh iman dan takwa kita kepada Tuhan Yang Maha Esa, serta luaskan hati untuk terus beribadah, karena hanya kepada-Nya lah kita berserah diri.

Kedua, tingkatkan soliditas TNI, pegang teguh nilai-nilai keprajuritan serta kemanunggalan TNI dengan rakyat, agar kita selalu menjadi pemersatu dan perekat bangsa yang ber-Bhinneka Tunggal Ika.

Ketiga, tingkatkan kewaspadaan dan profesionalitas serta kualitas sumber daya manusia dalam menghadapi berbagai macam tantangan tugas yang kian kompleks.

Keempat, sikapi berbagai kemajuan dengan bijak, jadilah agen perubahan yang positif.

Kelima, jalanilah setiap tugas secara ikhlas, karena tugas kita adalah sematamata untuk kepentingan bangsa dan negara tercinta ini.

Demikian amanat saya pada peringatan Hari Ulang Tahun ke-74 Tentara Nasional Indonesia. Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa, Allah SWT, senantiasa menyertai dan meridhoi setiap langkah pengabdian TNI bagi Negara Kesatuan Republik Indonesia, yang sangat kita cintai bersama.  “Dirgahayu Tentara Nasional Indonesia.” katanya.

Rangkaian upacara dilanjutkan dengan penyematan tanda jasa kehormatan Bintang Eka Paksi Nararia kepada dua prajurit berprestasi yakni Serka Sukadi anggota Koramil 05/Karanggayam dan Serda Purwadi anggota Koramil 06/Sruweng oleh inspektur upacara Kapten Czi Paulus Souhuwat. (Pendim).

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *