Masyarakat Desa Rahayu Kebali Mendapat Penyuluhan Non Fisik

Masyarakat Desa Rahayu Kebali Mendapat Penyuluhan Non Fisik

KODIM 0709/KEBUMEN. TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 106 Kodim 0709/Kebumen, kembali menggelar kegiatan non fisik. Kali ini warga yang memenuhi Balai Desa Rahayu Kec. Padureso itu mendapat giliran untuk menerima penyuluhan tentang program KB. Kegiatan ini sekaligus dikemas dalam rangkaian kegiatan TMMD Reguler 106. Senin (21/10/19).

Satgas TMMD Rahayu yang bekerjasama dengan Dinas Sosila dan PPKB Kab. Kebumen dalam penyuluhannya menghadirkan nara sumber dari Dinas Kesehatan Kab. Kebumen Bapak Sutarso. Tarso sapaan akrabnya, menyajikan tiga materi sekaligus yakni tentang, Keluarga Berencana dan Reproduksi Sehat, Tiga Pilar Program KKBPK dan Peran Keluarga Berencana.

Dalam materi tersebut Tarso mengatakan,” ber KB dapat membawa manfaat banyak bagi kesejahteraan keluarga kecil dan bahagia, KB dianjurkan oleh pemerintah bukan saja mampu menjaga kesehatan ibu dan anak tetapi seluruh anggota keluarga. Melalui KB, ujar Tarso, dapat juga mencegah kehamilan yang tidak diinginkan sehingga keharmonisan dalam keluarga selalu terjaga bahkan cenderung bisa ditingkatkan. Tidak hanya itu, lanjut Tarso, manfaat lain yang tidak kalah pentingnya yaitu bisa mencegah anak dari kekurangan gizi. Oleh sebab itu, Tarso juga menganjurkan, dengan ber KB secara tidak langsung dapat mencegah anak dari keterlambatan tumbuh kembang fisik sehinga dapat terjamin dari kebutuhan ASI Eksklusif selama 6 bulan bahkan relatif tercukupi.” terangnya.

Penyuluhan yang digelar di Balai Desa itu mendapat perhatian serius dari kalangan para ibu, para ibu pun penuh antusias memperhatikan yang menjadi pokok bahasan saat itu. Pada akhir acara BP. Sutarso menghimbau para bapak-bapak warga Rahayu untuk berperan aktif mendorong para istrinya untuk mensukseskan program KB nasional secara penuh kerelaan. (Pendim).

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *