Non Fisik TMMD Reguler Ke-106 Kodim 0709/Kebumen, Bikin Mocaf dan Nugget

Non Fisik TMMD Reguler Ke-106 Kodim 0709/Kebumen, Bikin Mocaf dan Nugget

KODIM 0709/KEBUMEN. Satu lagi kegiatan non fisik yang digelar Satgas TMMD Reguler ke 106 Kodim 0709/Kebumen kerjasama Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Distapang) Kab. Kebumen di hari ke 22 kegiatan TMMD, warga Desa Rahayu diberikan penyuluhan percepatan penganekaragaman konsumsi berbasis lokal dan praktek yang disampaikan tim penyuluh Distapang Kab. Kebumen Ibu Zakiyah tentang pembuatan tepung Mocaf dan Nugget yang diikuti para ibu-ibu kader PKK desa bertempat di Balai Desa Rahayu Kec. Padureso, Kab. Kebumen. Kamis (24/10/2019).

Ibu Zakiyah dalam penjelasannya, Tepung Mocaf bisa berbahan dasar ubi kayu atau singkong. Mocaf atau Modified cassava flour adalah pengolahan bahan dasar singkong yang difermentasi dengan tehnik mikrobia, Tumbuh selama fermentasi akan menghasilkan enzim selulolitik dan pektinolitik.

Dijelaskan Zakiyah, enzim tersebut dapat menghancurkan dinding sel singkong, sehingga terjadi liberasi granula pati. Mocaf ini memiliki karateristik yang mirip dengan tepung terigu, walaupun berbahan baku ketela atau singkong. Fungsi utama dari tepung mocaf yaitu sebagai pengganti tepung terigu, sehingga karateristiknya dibuat semirip mungkin dengan tepung terigu. terangnya.

Pada praktek pembuatan Nugget, para ibu-ibu PKK desa diberikan penjelasan tentang tatacara pembuatannya. Nugget adalah olahan makanan daging yang dihaluskan lalu dilumuri tepung berbumbu dan juga tepung roti. Nugget yang biasa kita jumpai adalah dari daging ayam, ikan dan sapi. Namun kali ini warga desa Rahayu diberikan pelatihan tentang pembuatan Nugget dari bahan dasar tahu dan tempe.

Alasan kenapa Ibu Zakiyah membawakan materi bahan dasar temped an tahu, menurut dia, kedua bahan dasar itu sangat murah dan mudah didapat dipedesaan, sehingga harapannya bisa menambah variasi hidangan keluarga. terang  Zakiyah. (Pendim).

 

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *