Peringatan HUT ke 74 TNI, Dandim 0709/Kebumen Gelar Kebumen Bersholawat

Peringatan HUT ke 74 TNI, Dandim 0709/Kebumen Gelar Kebumen Bersholawat

KODIM 0709/KEBUMEN. Dandim 0709/Kebumen Letkol Inf Zamril Philiang menggelar acara Kebumen Bersholawat dalam rangka peringatan HUT ke 74 TNI, Hari Santri Nasional dan Haul Bupati Kebumen pertama Ki Ageng Bodronolo, acara digelar mulai pukul 20.25 Wib itu bertempat di alun alun Kab. Kebumen. Rabu (09/10/19).

Ribuan santri dari berbagai penjuru Kab. Kebumen memadati acara tersebut, acara yang mengusung tema “Membangun Sinergitas Kemitraan TNI, Polri, Ulama, Umara serta Masyarakat Untuk Mewujudkan SDM yang unggul, Indonesia maju NKRI harga mati.” Dandim 0709/Kebumen Letkol Inf Zamril Philiang selaku ketua panitia penyelenggara mengatakan,”Kami panitia mengucapkan selamat datang kepada Habib Lutfi Bin Yahya dan Habib Hasan Bin Alatas, kami mohon maaf atas kekurangan dalam penyelenggaraan kebumen bersholawat ini. Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka hari peringatan HUT ke 74 TNI, Hari Santri Nasional dan Haul Bupati Kebumen Pertama Ki Ageng Bodronolo dengan. Melalui kegiatan bersholawat ini kita wujudkan rasa syukur kita kepada Allah SWT atas limpahan rahmat dan karunia-Nya, pada kesempatan hari ini kita dapat hadir ditempat ini dalam keadaan sehat walafiat menyertai acara Kebumen bersholawat ini.

Saya juga ucapkan selamat datang kepada segenap warga masyarakat Kebumen yang telah hadir meluangkan waktu guna memenuhi undangan kami. Terlebih, dalam acara ini kita bisa saling kenal lebih dekat dan bisa memperkuat tali silaturahmi bahkan sekaligus bisa memperkokoh kemanunggalan TNI Rakyat. Sholawat serta salam, semoga tercurah-limpahkan kepada junjungan kita, Baginda Nabiyullah Muhammad Sallallahu Alaihi Wasalam, yang telah mencurahkan hidup dan kehidupannya untuk kepentingan umat. 

Saya mengajak semua pihak untuk selalu menjalin tali silaturahmi, baik antara ulama dengan TNI-Polri maupun antar masyarakat, karena Allah SWT sangat menyukai orang-orang yang selalu menjalin tali silarturahmi dengan sesamanya. Kita Bangsa Indonesia dengan Idiologi Pancasila yang terlahir dalam kondisi yang berbeda-beda dengan beragam suku, adat, budaya dan agama hendaknya semakin mamantapkan budaya saling hormat menghormati, memantapkan persatuan dan kesatuan sebagai kekuatan dalam menjaga keutuhan NKRI.

Sholawat ini merupakan wadah bagi kita untuk berinteraksi secara harmonis membangun bangsa sehingga timbul saling pengertian tentang peran dan tugas atau fungsi masing-masing dalam menciptakan iklim yang kondusif, selain itu melalui sholawat ini pula diharapkan dapat dijadikan solusi terbaik demi peningkatan kerjasama dalam rangka membangun karakter bangsa guna optimalisasi sistem pertahanan wilayah.

Bergulirnya reformasi merupakan komitmen bersama untuk menuju kearah yang lebih baik, namun reformasi yang diinginkan tidak sesuai dengan komitmen bersama dan cenderung pada reformasi politik saja, sedangkan membangun karakter bangsa guna memperkuat ketahanan wilayah masih terabaikan, Oleh Karena itu melalui kegiatan ini perlu di bangun kembali karakter bangsa guna memperkuat ketahanan wilayah. Sebagaimana tema pada peringatan ke 74 TNI yakni “TNI Profesional Kebanggaan Rakyat.”

Komitmen kami, mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk melestarikan nilai-nilai ajaran agama, budaya dan adat istiadat sebagai kearifan lokal serta senantiasa duduk bersama dan bermusyawarah dalam memyelesaikan semua permasalahan di masyarakat demi keberhasilan pembangunan menuju masyarakat Kebumen yang bermartabat. Mari kita membangun masyarakat Kebumen yang sejahtera sesuai dengan tema malam ini, yang bisa kita jadikan sebagai pemicu untuk membangkitkan semangat kerja keras menuju Kebumen maju dan berkepribadian.

Pelaksanaan kerja keras yang optimal akan mewujudkan kemanunggalan dalam berbagai sektor kegiatan. Banyak contoh-contoh kerja keras baik melalui kegiatan fisik maupun kegiatan non fisik baik melalui karya bakti, bakti sosial dan sholawat akbar seperti yang kita wujudkan malam ini.

Semua itu harus terintegrasi dengan baik antara masyarakat dan kalangan tokoh masyarakat, agama, pemuda para cendikiawan maupun para pelaku sejarah nasional, dan saya berharap melalui penyelenggaraan Kebumen Bersholawat ini akan mampu membangkitkan masyarakat dan generasi muda yang memiliki semangat juang tinggi dan pantang menyerah. Sebagaimana yang dilakukan para pahlawan kusuma bangsa, dengan bekerja keras disertai semangat juang tinggi dan tidak kenal menyerah, maka kita akan disegani bangsa-bangsa lain. Profesionalisme TNI untuk Rakyat itulah tekad yang menjadi motto pada peringatan ke 74 HUT TNI tahun ini untuk bisa menciptakan kondisi wilayah yang dinamis.

Mari kita semua selalu menjaga suasana aman, suasana kondusif yang selama ini telah tercipta jangan karena beda pilihan kita justru terkotak-kotak, pilihan boleh beda tetapi rasa aman dan keamanan wilayah harus selalu terjaga.” papar Dandim.

Hadir pada acara Kebumen Bersholawat itu, Habib Muhammad Lutfi Bin Yahya, Asal Pekalongan, Forkompimda Kebumen, Habib Hasan Bin Alatas, Sarimun SY (Ketua DPRD Kab Kebumen), H. Arif Sugiarto SH. (Wakil Bupati Kebumen), Kompol Prayudha Widiatmoko SIK (Wakapolres Kbm), Para OPD Kab. Kebumen, K.H. Drs. Mohammad Dawamudin Masdar, M.Ag (Ketua PCNU Kabupaten Kebumen), H. Afifuddin Hanif Alhasani (Rais Syuriah PCNU Kebumen), KH. Nursodiq (Ketua MUI Kebumen), KH. Zainuddin Musyiat (PBCNU Kebumen), jajaran Muspika se Kab Kebumen, Para Babinsa Kodim 0709/Kbm, Para Kiyai dan Ulama se Kab Kebumen, Para Syeher Mania Wil Kab Kbm dan warga fatayat NU serta santriwan santriwati se Kab. Kebumen sebanyak 20.000 orang.

Pada kesempatan yang sama Bupati Kebumen KH. Yazid Mahfudz dalam sambutannya mengatakan,”Kesempatan ini tak lupa saya atas nama pribadi dan atas nama Pemerintah Kabupaten Kebumen mengucapkan Selamat Ulang Tahun ke- 74 TNI dan ASN-TNI serta keluarga besar TNI yang bertugas di Kabupaten Kebumen.

Saya mengucapkan terimakasih dan apresiasi serta penghargaan atas kerja keras, pengorbanan dan perjuangan tanpa pernah mengenal lelah, yang ditunjukkan para personel TNI dalam memelihara dan menjaga keamanan serta dan memberikan perlindungan, pengayoman, pelayanan kepada masyarakat. Dalam hal ini menunjukan bahwa, antara rakyat dan TNI tidak bisa dipisahkan.

Saya berharap melalui Kebumen Bersholawat ini, sinergitas antara pemerintah, TNI dan rakyat tetap terjaga dengan baik. Kepada seluruh elemen masyarakat bersama-sama dengan pemerintah, TNI, dan Polri, kita bersatu untuk menciptakan Kebumen yang lebih baik, damai, sejahtera dan berkepribadian luhur.” ungkap Bupati.

Habib Lutfi Bin Yahya, dalam tausyiahnya mengatakan, “Sholawat sangat penting sekali pada saat-saat ini sebab sholawat adalah doa dan didalam sholawat ada unsur-unsur tali silaturahim kepada baginda Nabi Muhammad SAW dan para sahabat nabi. Kalimat syaidina merupakan gambaran pemimpin yang mempunyai kewibawaan waluapun pemimpin itu masih muda yang penting pemimpin itu bisa bertanggung jawab atas jabatannya. Dalam kepemimpinan harus tahu mana yang hak dan mana kewajiban, itulah wujud syukur kita atas jabatan kita.

Pemimpin itu harus bisa mempersatukan umat karena itu wujud syukur kita, karena itu suatu amanah yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW. Saya tanya kepada para hadirin apakah kalian mau Indonesia hacur. Kalau kalian tidak mau Indonesia hancur perkuatlah iman kalian dan jangan sampai kalian mudah terpengaruh oleh berita-berita hoax yang mudah memecah belah umat.

Makanya kita selaku generasi muda, harus tahu sejarah sebagai cermin untuk membangun negeri ini. Dengan bersholawat akan membuka tali silahturahmi dan wujud berterima kasih kepada para pendahulu kita. Kita tidak boleh lupa sejarah, karena bangsa yang besar adalah bangsa yang tidak melupakan sejarahnya. Karena Indonesia ini luar biasa makanya banyak negara-negara yang mau memiliki Indonesia. Dengan sang saka merah putih kita bisa di persatukan. Pesan saya untuk tanggal 20 pelantikan presiden dan wakil presiden kita jangan mau di pecah belah dan diprovokasi karena kita adalah negara yang besar dan bermartabat.” Ucap Habib. (Pendim).

 

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *