Satgas TMMD Rahayu Beri Penyuluhan Bela Negara Pada Masyarakat

Satgas TMMD Rahayu Beri Penyuluhan Bela Negara Pada Masyarakat

KODIM 0709/KEBUMEN. Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke 106 Kodim 0709/Kebumen memberikan penyuluhan tentang Bela Negara kepada sejumlah tokoh masyarakat, aparat desa, para ketua RT dan RW Desa Rahayu, Senin (07/10/19).

Pada kesempatan itu, Danramil 10/Prembun Kapten Cba Suprapto didepan warganya menjelaskan, bahwa kegiatan penyuluhan bela negara ini adalah bagian terpenting dalam pelaksanaan TMMD Reguler yang digelar tahun ini di Desa Rahayu, dalam kegiatan TMMD ini bukan saja bidang fisik yang diutamakan namun juga bidang non fisik kita sisipkan sebagai upaya penanaman jiwa nasionalisme dan membentuk masyarakat yang tangguh.

“Seluruh elemen masyarakat memiliki kewajiban dalam bela negara, arti bela negara disini bukan harus angkat senjata menghadapi musuh yang nyata, tetapi bela negara disini adalah menumbuhkan kesadaran hidup berbangsa dan bernegara dalam tanggung jawabnya sebagai masyarakat yang cinta aturan.” ujar Danramil.

Danramil juga menekankan, “Bentuk nyata dalam kehidupan di lingkungan masyarakat yakni, budaya gotong royong, budaya sopan santun, menjunjung tinggi adat istiadat, memberikan toleransi antar umat beragama, saling rukun satu sama lain dan lain sebagainya, itulah bentuk bela negara secara nyata.”

Dikatakan Danramil, bahwa hidup kedepan semakin komplek, untuk itu kita perlu berbenah diri mengantisipasi segala sesuatu kemungkinan yang akan menjadi ancaman kita nanti. Perlu kita tanamkan jiwa nasionalisme dan kesadaran berbangsa dan bernegara. “ imbuh Danramil. (Pendim).

 

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *