Aksi Peduli Sampah, Dandim Kebumen Kerahkan Masa

Aksi Peduli Sampah, Dandim Kebumen Kerahkan Masa

KODIM 0709/KEBUMEN. Dandim 0709/Kebumen Letkol Inf Zamril Philiang mengerahkan 672 orang untuk melakukan pembersihan sampah yang ada di sekitar pantai suwuk dan sungai dalam rangka Binter Terpadu di lokasi Pantai Suwuk Desa Tambakmulyo, Kec. Puring Kab. Kebumen. Senin (11/11/19).

Dandim yang didampingi sejumlah Danramil mengatakan “Kegiatan bersih-bersih pantai Suwuk ini dilaksanakan dalam rangka membina para mitra Kodim sebagai wujud pembinaan wilayah yakni karya bakti pembersihan sampah, kegiatan ini memiliki tujuan khusus untuk mewujudkan kepedulian dan kebersihan masyarakat terhadap lingkungan, khususnya di tempat-tempat tepi pantai yang rentan sekali terjadinya penumpukan sampah,” tuturnya.

Lanjut Dandim, “Kita tidak mau ada penilaian negatif tentang kebersihanya. Melalui kegiatan seperti ini kita bisa menciptakan rasa cinta tanah air, yang pada akhirnya akan timbul dengan sendirinya rasa bela negara. Sebagai anak bangsa kegiatan ini juga bisa meningkatkan silaturahmi kepada seluruh elemen masyarakat Kebumen yang dapat menimbulkan rasa saling mengenal satu dan lainnya, dan dapat menciptakan rasa kekeluargaan yang dapat menjadikan Kabupaten Kebumen, menjadi kabupaten yang benar-benar BERIMAN (Bersih, Indah, Aman dan Nyaman),” imbuhnya.

Pembersihan sampah ini juga diikuti bukan saja dari kalangan pelajar melainkan juga dari komunitas para pedagang pantai Suwuk. pelibatan semua elemen masyarakat itu mulai dari jajaran Muspika, perangkat Desa, Dinas Pariwisata, Dinas PU, Polsek, Kodim, FKPPI, Paguyuban Kuda dan masyarakat Desa Tambakmulyo sendiri.

Dari pantauan Pen Kodim, sampah-sampah yang telah dikumpulkan diangkut menggunakan gerobak untuk kemudian diangkut menggunakan truk sampah yang telah disiapkan di tepian Pantai, Ditengah-tengah kerumunan warga nampak Dandim 0709/Kebumen Letkol Inf Zamril Philiang terjun langsung memunguti sampah-sampah yang berserakan diikuti para para pelajar. Sampah-sampah ini selanjutnya akan diangkut ke suatu tempat untuk dimusnahkan, namun sebagian ditimbun dalam sebuah lubang besar untuk kemudian di tutup dengan tanah, agar berubah menjadi kompos setelah terpisah dari sampah anorganik.

Sekitar 5 ton lebih sampah berhasil dibersihkan, kurang dari 2 jam pembersihan, seluruh sampah selesai dilakukan, nampak hamparan pantai yang indah terbebas dari sampah yang berserakan.  “Kita akan agendakan terus kegiatan bersih sampah ini, bukan saja disini tapi secara bertahap ditempat-tempat lain akan kita ajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam menciptakan Kebumen bebas sampah.” Imbuh Pasiter Kodim 0709/Kebumen Kapten Inf Bambang Muldianto disela-sela kegiatannya yang ditemui Tim Pen Kodim di lapangan. (Pendim).

 

 

 

 

 

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *