Babinsa Bersama Petani Gropyok Tikus di Sawah

Babinsa Bersama Petani Gropyok Tikus di Sawah

KODIM 0709/KBM, Hama tikus menjadi ancaman serius bagi kelangsungan pertumbuhan tanaman padi petani. Untuk memberantas serangan hama tikus, Babinsa Geblug Koramil 20/Buayan melakukan gropyok tikus di sawah milik petani di Desa Geblug Kecamatan Buayan, Minggu (17/11/2019).

Babinsa Koramil 20/Buayan Serda Eko Parmono bersama petani langsung ke sawah untuk mengendalikan populasi hama tikus agar tidak berkembang biak. Sebab, tikus mampu merusak padi yang sedang tumbuh di areal persawahan.

”Pada masa tanam kesatu (MT I) yang akan datang ini, para petani harus mewaspadai serangan hama tikus. Babinsa memang harus tanggap terhadap situasi yang ada agar petani tidak gagal panen karena wilayah binaannya merupakan endemik hama tikus,” ungkapnya.

Kegiatan ini berguna untuk mengantisipasi kerusakan yang ditimbulkan tikus sawah. ”Diharapkan, apa yang kami lakukan ini dapat mengurangi hama tikus sawah dan juga menjadikan area sawah padi ini mampu menghasilkan panen padi yang maksimal,” imbuhnya.

Menurutnya, kegiatan seperti ini rutin dilaksanakan sebagai wujud pendampingan TNI kepada para petani. Meski menggunakan peralatan seadanya, babinsa bersama PPL dan para petani padi dapat memaksimalkan hasil tangkapan hama tikus ini.

”Dengan kerja sama dan komunikasi yang intens ini, semoga dapat menjadikan suntikan semangat bagi para petani demi meningkatkan kuantitas dan mutu hasil panen padi di wilayah Kecamatan Buayan,” ungkapnya. (Pendim)

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *