Babinsa Koramil Ayah Bersama Warga Demangsari Bersihkan Aliran Sungai

Babinsa Koramil Ayah Bersama Warga Demangsari Bersihkan Aliran Sungai

KODIM 0709/KEBUMEN. Bersama Rakyat TNI Kuat, kalimat inilah yang saat ini tengah diwujudkan sejumlah anggota Koramil 22/Ayah bersama masyarakat, yang dipimpin langsung Danramil 22/Ayah Kapten Caj Soeko Wardojo saat melaksanakan kegiatan karya bakti pembersihan aliran sungai irigasi dari sampah dan rumput liar sepanjang Sungai Sangon 150 meter di Desa Demangsari Kec. Ayah, Kebumen, Senin (04/11/19).

Karya bakti normalisasi irigasi di Sungai Sangon Desa Demangsari itu, sedikitnya diikuti sekitar 50 orang yang terdiri dari unsur Muspika Ayah dan warga Demangsari. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai upaya untuk menghindari banjir yang selama ini sering terjadi diwilayah tersebut. Manfaat yang bisa diambil dalam karya bakti ini adalah agar semua pihak, baik aparatur pemerintahan desa dan masyarakat sekitar sadar dan mengerti tentang pentingnya kelancaran saluran irigasi ini sehingga ketika hujan datang air menjadi lancar mengalir. Disampig itu aliran Sungai Sangon juga memiliki fungsi utama untuk pengairan sawah seluas 15 hektar yang terbagi pada sisi kanan dan sisi kiri tanggul sungai.

“Jika saluran sungai ini bersih tidak ada rumput liar ataupun sampah yang menghambat, maka akan bisa meningkatkan mutu pertanian, namun jika masyarakatnya jorok alias buang sampah dikali, maka kita tunggu akibatnya,” tegas Danramil 22/Ayah Kapten Caj Soeko Wardojo saat di lapangan.

Lebih jauh Danramil 22/Ayah Kapten Caj Soeko Wardojo menghimbau para warga untuk bisa menjaga agar sungai tetap bersih dari sampah. “Percuma kita bersihkan sekarang, kalau besok lupa buang sampah di aliran sungai. Kapten Soeko juga meminta aparat desa untuk memberikan sangsi tegas bila ada warganya yang tidak taat aturan.” imbuhnya.(Pendim)

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *