Peltu Sudarsin Bantu Padamkan Api Gudang Pakan Sapi

Peltu Sudarsin Bantu Padamkan Api Gudang Pakan Sapi

KODIM 0709/KEBUMEN, Peltu Sudarsin Anggota  Koramil 07/Sadang beserta 3 orang anggota melaksanakan kerja bakti  memadamkan api kebakaran gudang pakan sapi di Desa Widoro Kec. Karangsambung pada beberapa waktu lalu.

Kebakaran gudang pakan sapi yang berisi tumpukan jerami itu terbakar sekitar pukul 21.00 WIB yang diketahui oleh salah seorang penjaga kandang Jasimin (45). Saat itu Jasimin yang mengetahui adanya sumber api dari tumpukan jerami bagian bawah di dalam tembok gudang pojok barat bagian sebelah selatan yang terlihat dari lobang tembok. Menurut Jasimin, gudang yang berisi tumpukan jerami kering itu di bagian bawahnya terdapat timbunan kotoran hewan sapi dengan kedalaman sekitar 2 meter sebagai urug bangunan gudang.

“Dugaan sementara belum diketahui secara pasti, karena masih tahap penyelidikan di lapangan, namun karyawan pengelola ternak sapi tetap diminta waspada dan selalu ada kontrol secara berkala akan kemungkinan hal itu bisa terulang lagi, “ ujar Peltu Sudarsin mengingatkan Jasimin dan beberapa penjaga gudang ternak.

“Dari hasil pendataan di lokasi, kerugian diperkirakan mencapai Rp. 375 juta, karena dari hasil analisa ada sekitar  250 truck jerami dengan total harga per satu truck adalah Rp. 1.500.000,- kerugian lainnya yakni gudang rusak ringan, namun korban personil nihil.” terang Sudarsin.

Anggota Koramil 07/Sadang, masyarakat setempat dan Tim pemadam kebakaran   bergotong royong memadamkan api yang membakar gudang pakan ternak sapi milik BP. H. Buyar Winarso. S.E  Atas kesigapan Babinsa yang dibantu beberapa warga setempat dan Tim Damkar Kab. Kebumen tadi, akhirnya api bisa dikuasi dalam kurun waktu kurang dari satu jam.

“Alhamdullilah api bisa kita padamkan dan kegiatan rutinitas di lokasi tersebut bisa berjalan kembali dengan lancar dan aman.” imbuh Peltu Darsin.

Sudarsin juga menyampaikan kepada para pekerja kandang sapi agar berhati-hati karena musim kemarau rawan dengan musibah kebakaran, “Tolong setiap saat diadakan pengecekan, terutama pada tumpukan jerami kering yang rawan memicu api mudah menyala, selain itu usahakan jangan merokok disekitar timbunan jerami, karena itu bisa menjadi salah satu pemicu tersulutnya jerami yang akibatnya kalau kita kurang waspada maka peristiwa ini akan terjadi lagi, untuk itu waspada terhadap sumber api yang kita pakai disekitar kandang sapi itu.” kata Sudarsin. (Pendim)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *