TMMD Resmi ditutup, Warga Berkaca kaca Lepaskan TNI

TMMD Resmi ditutup, Warga Berkaca kaca Lepaskan TNI

KODIM 0709/KEBUMEN – TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke 106 tahun 2019 Kodim 0709/Kebumen secara resmi telah dinyatakan selesai, penutupan ditandai dengan pemukulan kentongan saat upacara penutupan dengan inspektur upacara Kepala Staf Korem (Kasrem) 072/Pamungkas Kolonel Kav Puji Setiono yang didampingi Dansatgas TMMD Reguler ke 106 yang juga Dandim 0709/Kebumen Letkol Inf Zamril Philiang yang dihadiri sekitar 1.500 masyarakat di lapangan Desa Rahayu, Kecamatan Padureso. Kamis, (31/10/ 2019) belum lama ini.

Dansatgas TMMD Reguler ke 106 tahun 2019 Letkol Inf Zamril Philiang dua hari jelang penutupan mengatakan. “Masyarakat diharapkan bisa merawat, menjaga dan memelihara hasil yang telah dicapai Satgas TMMD selama ini, dengan harapan, masa pakai hasil pekerjaan berupa rabat beton, talud dan lain lainnya tersebut dapat berumur pakai cukup lama. Jaga selalu kekompakan yang sudah terbangun selama ini, termasuk tali silaturahmi yang telah terjalin selama ini juga kebersamaan kita sehingga bisa dekat dan saling kenal satu sama lain, agar dipertahankan juga, kalau perlu ditingkatkan.” katanya.

Lebih lanjut dikatakan Dansatgas, “TMMD ini adalah salah satu wujud operasi bakti TNI yang dilaksanakan dengan bentuk kerja sama terpadu dan berkelanjutan antara TNI, POLRI, kementerian atau lembaga pemerintah non kementrian (LPNK) yang bersinergi dengan program masing-masing instansi untuk membantu meningkatkan percepatan pembangunan di daerah sehingga mampu meningkatkan taraf hidup masyarakat setempat dengan sasaran daerah pedesaan yang tergolong tertinggal atau miskin, terpencil, daerah perbatasan dan daerah kumuh perkotaan serta daerah lain akibat bencana.

Lanjut diucapkan Dansatgas, “TMMD Reguler ke 106 ini dilaksanakan sejak tanggal 2 hingga 31 Oktober 2109, mulai dari Pra TMMD yang digelar selama dua minggu, dilanjutkan pembukaan dan pelaksanaan TMMD serta penutupan, semua sasaran baik fisik maupun sasaran non fisik sudah tercapai 100 persen. Adapun hasil yang dicapai untuk sasaran fisik utama berupa pembangunan jalan rabat beton sepanjang 673 meter dan pembangunan talud penahan badan jalan sepanjang 425,88 meter kubik. Sedangkan pada sasaran fisik tambahan, kita melanjutkan pembangunan jembatan dengan panjang 7,10 x 4,50 meter, pembuatan lapangan desa panjang 80 x lebar 75 meter, renovasi atap serambi Masjid Baiturrahman dan renovasi Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) sebanyak enam unit.

“Untuk sasaran non fisik, yakni berupa penyuluhan-penyuluhan yang bekerja sama dengan Tim dari instansi terkait antara lain penyuluhan bahaya Narkoba, Kadarkum, Bela Negara, Kesehatan, Perekaman KTP Elektronik, pembuatan Kartu Keluarga, penerbitan Akta Kelahiran dan sebagainya. Semuanya berjalan lancar serta tercapai sasaran yang telah ditentukan,” jelas Dansatgas Zamril.

Pada acara penutupan TMMD Reguler ke 106 di Desa Rahayu, Kec. Padureso, Kebumen itu, kini menyisakan banyak warga yang terharu, sedih dan meneteskan air mata, pasalnya selama satu setengah bulan meraka merasakan kebersamaan dengan para anggota TNI secara bergotong royong, bahu membahu dan penuh antusias tinggi melakukan semua program kegiatan TMMD secara kekeluargaan.

Anggota TNI dan masyarakat sudah menyatu dalam kehidupan sehari hari diberbagai sektor kegiatan, semua prajurit berbaur dengan masyarakat, mereka pun bisa merasakan kesulitan-kesulitan yang dirasakan oleh masyarakat Desa Rahayu. Suasana desa yang kemarin ramai dengan hiruk pikuk kegiatan kini menjadi lengang, tidak terdengar lagi dentang cangkul, suara mesin molen dan suara deru kendaraan pengantar material. Semua sepi bak ditelan bumi.

“Untuk selanjutnya semua anggota TNI kembali ke satuan masing-masing, baik yang dari Kodim, Zipur, Kikavser, Ajenrem, Batalyon 403, TNI AU, TNI AL, Secata dan satuan lainnya karena semua kegiatan telah selesai sehari sebelum penutupan,” jelasnya.

“Ini adalah kenangan TNI selama berada di Desa Rahayu, Padureso, Kebumen bersama rakyat dan semoga semua hasil pekerjaan bisa bermanfaat demi membantu mensejahterakan warga terutama membantu dalam aktifitas seperti membawa hasil pertanian, dimana akses jalannya sudah bagus serta khususnya untuk anak-anak sekolah perjalanan sekarang semakin dekat menuju ke sekolah masing-masing dan untuk semua penyuluhan-penyuluhan yang telah dilaksanakan semoga bisa menambah wawasan dan berguna baik untuk Bangsa Indonesia ataupun untuk kesadaran hukum yang akan memperkuat tatanan pemerintahan Kabupaten Kebumen sehingga, Kebumen akan lebih baik, maju, berkembang, sejahtera dan tidak ada desa yang miskin lagi,” katanya.

Bupati Kebumen KH. Yazid Mahfudz juga mengatakan, “dengan adanya program TMMD Reguler ke-106 tahun 2019 ini mampu menciptakan lingkungan yang kondusif, hangat, penuh kekeuargaan dan kebersamaan, sehingga kegiatan dapat berjalan dengan lancar, jalan-jalan sudah terhubung, sehingga membuat efektifitas masyarakat lebih baik lagi dalam berniaga, bermasyarakat, bersekolah dan kegiatan-kegiatan lainnya.

“Atas nama Pemerintahan Kabupaten Kebumen kami mengucapkan terima kasih yang setulus tulusnya kepada TNI yang telah melaksanakan kegiatan program TMMD di Desa Rahayu dengan tanpa kendala, semoga TMMD ini bisa memberikan manfaat yang besar serta berguna bagi masyarakat Desa Rahayu, Kecamatan Padureso, Kab. Kebumen ini,” katanya.

Beberapa orang warga desa seperti, Pak Surip, Bu Satimi, Kyai Ahmad Haris, Kades Paiman, Pak Turut dan beberapa orang lainnya dengan mata berkaca-kaca menahan haru dan tangis karena sedih dimana para anggota TNI harus meninggalkan desanya.

Dengan terbata-bata, salah satu tokoh agama desa setempat Kyai Ahmad Haris mengatakan, “Semoga TNI tetap semangat, baik, dekat dengan rakyat dan hanya ucapan terima kasih yang bisa diucapkan untuk TNI serta semua yang terlibat dalam pelaksanaan TMMD ini. Saya berharap kelak anak-anak desa ini ada yang bisa menjadi anggota TNI. Menjadi anggota yang baik peduli lingkungan, peduli masyarakat untuk memajukan kesejahteran desanya. (Pendim)

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *